514 Kabupaten/Kota telah Tersambung Internet Kecepatan Tinggi

JAKARTA,Harnasnews.com   – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan Proyek Palapa Ring secara keseluruhan telah resmi beroperasi.

“Bapak Presiden kami laporkan hari ini sebetulnya peresmian palapa ring, tapi Palapa Ring Barat sebetulnya sudah selesai tahun lalu, Palapa Ring tengah sampai di provinsi Maluku sudah selesai di awal tahun,” kata Menteri Rudiantara saat menyampaikan laporan pada peresmian pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10).

Untuk Palapa Ring Timur, Rudiantara menjelaskan bahwa selama masa konstruksi, ditemukan berbagai hambatan dan tantangan karena kondisi geografis yang tidak menentu. Misalnya, lanjut Menkominfo, di daerah pegunungan Papua sehingga target penyelesaiannya baru selesai di bulan Agustus 2019.

“Palapa ring timur ini khususnya yang mencakup Papua, Maluku, NTT sampai ke Kabupaten Rote Ndao, rencana awalnya pada akhir kuartal kedua, namun di Papua kondisi geografisnya tidak memungkinkan kami untuk tepat waktu hingga baru selesai Agustus kemarin,” jelas Rudiantara.

Dengan peresmian Proyek Palapa Ring atau juga disebut Tol Langit ini, menurut Menkominfo, mulai saat ini dari 514 kabupaten/kota, tidak ada yang tidak dihubungkan dengan jalan tol (Palapa Ring).

Kecepatan Tinggi Menkominfo Rudiantara mengatakan, Palapa Ring yang lebih dikenal dengan sebutan “Tol Langit” ini telah memberikan layanan komunikasi kepada seluruh masyarakat di Indonesia, melalui internet kecepatan tinggi.

Pemanfaatan Palapa Ring sendiri, tambah Menkominfo, akan lebih dirasakan oleh masyarakat di daerah-daerah pelosok. Hal tersebut, lanjut Rudiantara, membuktikan komitmen pemerintah yang tidak melihat Jawa Sentris, tetapi Indonesia Sentris.

“Di Papua kami membangun di 30 kabupaten/kota baru yang tidak ada jaringan tulang punggung atau backbone internet kecepatan tinggi. Jadi, Palapa Ring itu adalah seperti jalan tol untuk internet kecepatan tinggi,” sambung Rudiantara.

Untuk itu, Menkominfo Rudiantara menyampaikan terima kasih kepada seluruh ekosistem yang berperan dan berkomitmen menyelesaikan Palapa Ring dalam lima tahun terakhir. (Red/Grd)

Leave A Reply

Your email address will not be published.