Apel gelar Pasukan Operasi Semeru 2019 Polda Jatim Melibatkan 3.147 Personel

Surabaya, Harnasnews.com –  Apel gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2019 dalam rangka cipta Kondisi Kamseltibcarlantas pasca pemungutan suara Pileg dan Pilpres yang dilaksanakan di lapangan apel Mapolda Jatim Senin, (29/4/2019).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Heri Wahono mengatakan Operasi ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.Dan Operasi Semeru 2019 ini digelar selama 12 hari dimulai hari ini tanggal 29 April sampai 9 Mei 2019

“Tujuan akhirnya adalah terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas,” ujar Kombes Pol Heri Wahono.

“Meskipun hujan rintik rintik tak menyurutkan apel Keselamatan Operasi Semeru 2019, yang  melibatkan sekitar 3.147 personel yang diterjunkan berasal dari pihak kepolisian dan instansi terkait. Seperti petugas Dinas Perhubungan,
Jasa Raharja, yang terdiri dari Polri maupun instansi terkait lainnya,” ungkapnya.

Dalam operasi ini kepolisian akan mengedepankan tiga tindakan yang bersifat pre-emtif, Preventif dan Represive untuk mencegah pelanggaran-pelanggran hukum yang juga sebagai persiapan menjelang Operasi Ketupat Semeru yang rutin digelar ketika bulan Ramadan tiba

“Yaitu kegiatan seperti pendidikan masyarakat lalu lintas, kemudian kampanye berlalu lintas dan sosialisasi berlalu lintas. Kurang lebih 60 persen kegiatan itu yang akan kita laksanakan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Heri menegaskan untuk pengendara supaya tidak menggunakan handphone ketika mengemudi karena dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas akibat kurangnya konsentrasi dalam berkendara.
Jika menemukan pengemudi yang menggunakan handphone, pihaknya tak segan-segan akan menindak tegas, meskipun pengemudi tersebut dibawah umur.

“Untuk Pengemudi yang merokok kini sedang dilaksanakan sosialisasi dan Kampanyekan dilarang merokok saat berkendara, karena akan mengganggu konsentrasi dalam berlalu lintas,” pungkas Kombes Pol Heri Wahono. (Pril/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.