Beralibi Saldo Nol Kartu ATM Bantuan “Ditilang” Oknum Kasun

PASURUAN, Harnasnews.com – Penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Dusun Canggi Desa Sekarmojo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan di warnai aksi “penilangan” yang dilakukan oleh oknum Kepala Dusun (Kasun).

Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) yang seharusnya dipegang oleh tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM), ternyata dipegang atau dikuasai oleh oknum Kasun yang bernama Kasidi.

Dampaknya, KPM yang memperoleh kartu berupa ATM itu, tak bisa leluasa menggunakan ataupun melakukan pengecekan, dan mereka harus mengambilnya serta diantar terlebih dahulu kepada oknum Kasun canggi Kasidi.

Hal ini jelas membuat penerima manfaat tidak leluasa, mereka yang kartunya ditahan itu, hanya bisa memperoleh telur, beras, dan lain lain tanpa bisa memilih kualitas barang yang di peroleh.

Yang lebih mencengangkan, apabila KPM ingin kartu ATM itu diambil (dibawah sendiri), KPM tersebut harus menyetor uang sebesar 400ribu kepada sang oknum Kasun Canggi Kasidi.

Salah satu warga penerima KKS yang enggan disebutkan namanya pada Hari Minggu (20/09/20) menyampaikan “sejak awal kartu ATM bantuan saya dibawa pak Kasun Kasidi, dan saya hanya sekali menerima bantuan saja, sedangkan beberapa warga lainnya sudah menerima yang ke-2 dan seterusnya,” ujarnya.

“Pernah saya minta kartu ATM itu untuk saya bawa sendiri kepada pak Kasun, boleh dibawah sendiri tapi harus bayar uang sebesar 400rb kepadanya,” imbuh warga tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.