BMKG: Pusaran Eddy Akibatkan Hujan dan Gelombang Tinggi di Aceh

Pusaran eddy

BANDA ACEH, Harnasnews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, fenomena pusaran Eddy telah mengakibatkan peristiwa hujan terjadi dalam beberapa hari terakhir, dan ketinggian gelombang laut mencapai tiga meter lebih di perairan Aceh.

“Hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, bukan akibat kemarau basah. Tapi fenomena Eddy,” jelas Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Blang Bintang Aceh, Zakaria Ahmad di Aceh Besar, Kamis.

Ia memprakirakan, fenomena cuaca berupa pusaran angin tertutup ini terjadi meliputi wilayah barat dan selatan, hingga Aceh Besar dan Banda Aceh yang berpotensi hingga tiga hari ke depan di pekan ini.

Analisa pihaknya menyebut, pusaran Eddy ini terpusat di Samudera Hindia. Lebih tepatnya sebelah tenggara Aceh, sehingga membentuk konvergen dengan gerakan angin ke provinsi paling barat Indonesia ini terkumpul massa udara menjadi awan tebal yang kemudian terjadi hujan.

Sejumlah wilayah di Aceh berpotensi dilanda hujan akibat pusaran Eddy meliputi, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Simeulue, Aceh Singkil, dan Subulussalam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.