BP Jamsostek Cabang Bali Lakukan Percepatan Terkait BLT Bagi Pekerja Bergaji Di Bawah 5 Juta

Nasional

BALI,Harnasnews.com – Pemerintah berencana memberikan BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada pekerja bergaji di bawah Rp. 5 juta untuk meringankan beban hidup mereka dari tekanan virus corona. Besaran BLT yang diberikan rencananya Rp. 600 ribu per bulan per pekerja selama 4 bulan,Rabu, 12/08/20.

Secara umum persyaratan penerima BLT adalah pekerja itu harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Status kewarganegaraan tersebut dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kedua, terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek yang masih aktif di program kepesertaan.

Ketiga, peserta membayar besaran iuran berdasarkan upah di bawah Rp5 juta sesuai yang dilaporkan ke BP Jamsostek. Keempat, memiliki rekening bank yang masih berlaku.

Mohamad Irfan selaku Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar mengatakan terkait bantuan langsung tunai (BLT) atau subsidi upah kepada pekerja ini, memang saat ini pemerintah sedang memfinalisasi skema dan kriteria bantuan subsidi tersebut. Data pekerja yang digunakan berdasarkan data kepesertaan dari BPJAMSOSTEK dan lembaga lainnya.

Saat ini pihaknya sedang proses mengumpulkan data nomor rekening peserta yang memenuhi kriteria tersebut. “Tugas kami mengumpulkan nomor rekening peserta, mekanisme selanjutnya ada di pemerintah. Kami hanya mengumpulkan nomor rekening saja, imbuh Irfan.

BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar telah melakukan percepatan pengumpulan data rekening peserta melalui perusahaan yang ditargetkan rampung hari Jumat 14/8/2020. Sampai dengan saat ini sdh terkumpul sebanyak 47.879 nomor rekening.

Untuk itu kami mengajak kepada seluruh peserta aktif BPJAMSOSTEK, yang memenuhi kriteria untuk menyampaikan nomor rekeningnya ke HRD di perusahaannya. Kami juga mengharapkan perusahaan ikut proaktif menyampaikan data rekening karyawannya untuk mendukung program pemerintah ini, tegasnya.(VIDI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.