Di Tengah Pandemi Corona, Appsindo Sebut Harga Bahan Pokok Cederung Stabil

JAKARTA, Harnasnews.com – Aliansi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (Appsindo) menyebutkan bahwa pandemi virus Corona atau Covid-19 yang mewabah sejumlah daerah di Indonessia berdampak serius terhadap perekonomian nasional, terutama masyarakat pedagang tradisional.

“Seperti seluruh pedagang pasar di Jakarta sangat merasakan betul dampak pandemi Corona ini. Terlebih sudah beberapa pekan belakangan ini diberlakukan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB untuk tahap dua. Tentunya dengan konsekuensi para pelaku usha harus mengkuti imbauan dari pemerintah. Baik itu pemerintah pusat maupun pemprov DKI Jakarta,” ungkap Ketua Umum Appsindo Hasan Basri saat menyambangi Pasar Induk Kramatjati, Jakarta, Rabu (13/5/2020).

Tapi di sisi lain, kata Hasan, kebutuhan ekonomi masyarakat tidak bisa dihentikan. Oleh karena itu pihaknya meminta pemerintah untuk merealisasikan dana stimulus agar segera dicairkan guna membantu pelaku usaha ekonomi mikro.

“Sebab, bila pemerintah tidak tanggap dalam menghadapi persoalan ini tidak mustakhil dalam beberapa bulan ke depan bangsa ini bakal dihadapkan dengan krisis pangan,” ungkap Hasan.

Hasan menilai, meksi Covid-19 ini dalam beberapa bulan ke depan terjadi penurunan, akan tetapi dampak ekonomi masih tetap dirasakan. Karena bagi pelaku usaha yang biasa melakukan rutinitas bisnisnya sempat terhenti.

“Seperti banyak di antara pedagang kekurangan modal,  karena digunakan untuk keperluan hidup di masa pemberlakuan PSBB. Kemudian, banyak juga yang kehilangan langganan,” kata Hasan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.