Dubes Uni Eropa Bantah Diskriminasikan Sawit Indonesia

Kelapa sawit

JAKARTA, Harnasnews.com – Head of Delegation, Ambassador of the European Union (EU) to Indonesia and to Brunei Darussalam, Vincent Guérend menegaskan bahwa Uni Eropa tidak bermaksud untuk melakukan diskriminasi kepada Indonesia. Langkah pembatasan penggunan CPO, kata Vincent hanya berlaku untuk bahan bakar, biofuel.

Vincent menjelaskan Uni Eropa dalam hal ini sangat mengerti posisi Indonesia tentang kelapa sawitnya. Diakuinya, dampak dan pengaruh atas eksistensi kelapa sawit bagi Indonesia sangat penting. Ia mengatakan Eropa tidak lantas membuat kebijakan yang akan merusak hubungan kedua negara.

“Kami sangat memahami posisi Indonesia dan betapa pentingnya kelapa sawit bagi Indonesia. Kami juga tidak pernah melarang penggunaan secara besar besaran atau memblokir seluruh produk. Kami hanya memang akan membatasi penggunaan CPO untuk bahan bakar,” ujar Vincent di Kantor Kementerian Luar Negeri, Rabu (20/3).

Vincent mengatakan selama ini kebutuhan CPO Eropa selain untuk bahan bakar juga untuk produk makanan dan juga bahan baku kosmetik. Vincent mengatakan Eropa hanya mengurangi porsi bahan bakar saja. Untuk makanan dan bahan baku kosmetik, Eropa masih membuka pasar CPO tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.