Guna Menciptakan Inovasi Baru Dan Bersaing Di Era Globalisasi,885 Siswa SMK Jatim Ikuti LKS 2019

Sidoarjo,Harnasnews.com – Sebanyak 885 Siswa pilihan SMK se Wilayah Jawa Timur baik dari sekolah negeri maupun swasta berlaga pada kegiatan Lomba Kompetensi Siswa ke XXVII Tahun 2019.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Saiful Rachman dengan didampingi oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin, di GOR Serbaguna Sidoarjo Rabu (24/4).

Kompetisi akan dihelat selama tiga hari kedepan 24 s/d 26 April. Harapannya bisa mendorong para siswa SMK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperkenalkan kegiatan ini sebagai wujud langkah nyata pemerintah dalam peningkatan program pendidikan SMK.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Saiful Rachman, kegiatan tahunan ini untuk memberi semangat bagi para siswa SMK khususnya di Provinsi Jawa Timur dalam menciptakan inovasi baru agar mampu bersaing di era globalisasi.

“Dengan adanya inovasi dari kompetensi siswa SMK yang cerdas, kedepannya diharapkan akan mampu bekerjasama dengan para pelaku usaha dan industri, guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan mandiri,” ucapnya.

Dalam kesempatan sama, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin mengucapkankan terima kasih telah memilih Kabupaten Sidoarjo sebagai tempat pelaksanaan LKS SMK Tahun 2019.

Lomba Kompetensi Siswa ini dilakukan secara berjenjang mulai dari kota / kabupaten, provinsi kemudian ke tingkat nasional. Dengan adanya kompetisi ini bisa mendorong para siswa SMK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperkenalkan inovasi dan keahlian ke dunia industri.

“Tugas pemerintah dalam hal ini adalah mengarahkan, membimbing, dan menciptakan para siswa SMK yang unggul dan kompeten dibidangnya masing-masing, untuk terus berinovasi dan berdikari. Dinama yang menjadi hal terpenting pada kegiatan ini adalah bukanlah suatu kemenangan, tetapi lomba ini untuk membangkitkan generasi muda dalam meningkatkan kreativitas dan inovasinya, sehingga kedepannya dapat bersaing di dunia kerja,” papar Nur Ahmad.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Suhartono menambahkan tahun ini pihaknya melakukan persiapan lebih matang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dibuktikkan dengan adanya seleksi secara berlapis untuk menemukan calon kontingen terbaik dari Jatim. Pertama,  pra LKS di pasuruan yaitu seleksi yang  dilakukan melalui penjaringan siswa di sekolah-sekolah yang potensial mendapatkan medali emas. Kedua, seleksi serentak dilakukan melalui perwakilan dari 38 kabupaten/kota.

Dan selanjutnya seleksi di tingkat provinsi yaitu LKS SMK 2019 yang saat ini sedang berlangsung. “ketiga seleksi itu nanti hasilnya kita adu lagi untuk dikirim ke nasional. Dengan begitu kita harapkan tahun ini kita akan kembali merebut juara umum nasional,” tutur Suhartono usai membuka LKS SMK Jatim di Gor Indoor Delta Sidoarjo, Rabu (24/4).

Kegiatan ini, kata Suhartono, juga jadi kesempatan dalam mengukur dan memantau kualitas siswa sesuai dengan kompetensi dan keahliannya. Selain itu, juga dimaksudkan untuk mengukur kompetensi siswa di Jatim dengan standart nasional maupun internasional.

 “Mereka yang jadi juara tahun ini, akan mewakili ditingkat nasional pada bulan juli di Jogja. Dan kami berharap siswa-siswi kami bisa bersaing di tingkat global,”tutur dia.

Tahun ini, untuk lomba LKS 2019 sendiri, diikuti sebanyak 885 peserta yang terdiri dari 54 bidang lomba. Diantaranya, 26 bidang teknologi, 13 bidang Bisnis Manajemen dan Pariwisata, 7 bidang Seni Kriya, 3 bidang Kesehatan dan 5 bidang kelautan dan pertanian. Lokasi LKS sendiri akan tersebar di 11 tempat di Sidoarjo dan Surabaya.

Seperti SMKN 1 Buduran, SMKN 2 Buduran, SMKN 3 Buduran, SMKN 1 Sidoarjo, SMK Antartika 2 Sidoarjo, SMK 2 Krian, dan Hotel Luminor Sidoarjo. Sementara di Surabaya tersebar di tiga titik, yaitu SMKN 12 Surabaya, SMKN 5 Surabaya, dan SMKN 6 Surabaya.[PUL]

Leave A Reply

Your email address will not be published.