Jazardi Harapkan RUU Masyarakat Adat Di Sahkan Jadi Undang- Undang

Nasional

SUMBAWA,Harnasnews.com – HIMAS yang rayakan setiap tanggal 9 Agustus, merupakan Hari Internasional hanya Masyarakat Adat Sedunia (The International Day of the World’s Indigenous Peoples) yang ditetapkan oleh Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Bulan Desember 1994.

Keputusan ini tertuang dalam Resolusi PBB No.49/214. Yang kemudian diperingati dan dirayakan sebagai Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS), oleh PBB dan Masyarakat Adat di berbagai negara termasuk Indonesia.

Menurut Ketua DPD Aman Sumbawa Jazardi Gunawan bahwa saat ini seluruh masyarakat adat di Dunia sedang merayakannya HIMAS ini termasuk di Indonesia

“Patut kita apresiasi, beragam kegiatan untuk mewarnai HIMAS ini. Masyarakat adat berbagai cara merayakannya. Termasuk masyarakat adat wilayah kerja AMAN Sumbawa,”ungkapnya (10/8/202)

Lanjutnya, di kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat ikut andil untuk merayakannya. Ada dengan kegiatan ritual adat, ada dengan kegiatan-kegiatan lainya tarian dan upacara keselematan hutan adat.

“Secara organisasi AMAN Daerah Sumbawa memilih tempat di masyarakat adat Usal Ponto Ai Padeng pada hari Jumat tanggal 7 Agustus 2020,”tandasnya.

Tambahnya, sementara masyarakat adat lainnya masing- masing merayakannya di komunitas adat masing-masing.

” Seperti halnya masyarakat adat Pusu, Cek Bocek, Bakalewang Kanar, Pedukuhan Talonang, Tatar, Pekasa, Payung Jolo dan lain-lainya yang tersebar di dua kabupaten ini,”timpalnya.

Sambungnya, saya patut berterima kasih kepada seluruh masyarakat adat di kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat yang telah merayakan momentum ini dengan take line” Sahkan RUU Masyarakat Adat Menjadi UU”, Hutan adat adalah masa depan kami, wilayah adat untuk kedaulatan pangan masyarakat adat,”terangnya.

Sambungnya, Dan lebih khusus kepada anggota DPR RI Dapil Pulau Sumbawa pak Johan Rosihan dari PKS dan pak Syafruddin dari PAN ikut memberikan ucapan selamat Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) yang jatuh pada tanggal 9 Agustus 2020 ini.

“Atas nama masyarakat adat di wilayah kerja AMAN Sumbawa menitip harapan kepada beliau berdua agar RUU Masyarakat adat segera disahkan menjadi Undang-undang,”tutupnya.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.