Johan Rosihan Gelar Penanaman Pohon Kelengkeng dan Duren di Kerekeh

Nasional

SUMBAWA,Harnasnews.com – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS H. Johan Rosihan melakukam penanaman pohon secara serempak dengan masyarakat di Desa Kerekeh Kecamatan Unter Iwis Kabupaten Sumbawa.

Selain acara penanaman pohon anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS tersebut juga membagikan pohon kelengkeng dan duren kepada beberapa kepala desa se- Kecamatan Unter Iwis.

H. Johan dalam sambutannya mengatakan dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat Sumbawa untuk menghijaukan hutan yang ada di Kabupaten Sumbawa.

“Mari kita hijaukan hutan kita. Caranya dengan menanam pohon yang bisa bermanfaat untuk anak cucuk kita kedepan,”ungkapnya (4/7/2020),kemarin.

Menurut H. Johan bahwa dengan menanam pohon itu ada nilai yang terkandung didalamnya.

“Orang tua kita dahulu mengajarkan untuk selalu menanam pohon. Karena dari apa yang kita tanam tersebut tentu buahnya akan dinikmati oleh seseorang atau binatang dan itu merupakan amal jariyah,”tandasnya.

Lanjutnya, beberapa waktu yang lalu. Bahwa seluruh Kades se- Kecamatan Unter Iwis pernah bertemu dengan dirinya.

“Intinya dalam pertemuan tersebut untuk sama-sama untuk membangun Desa dengan melibatkan semua stekholder yang ada,”terangnya.

Tambahnya, Kerekeh ini adalah penyangga air untuk Sumbawa. Makanya harus kita jaga kelestarian hutannya.

“Kita upayakan nanti ada proyek perpian dari pusat. Kerekeh juga bisa untuk bersepeda. Karena, di Desa tersebut ada gubung, bukit dan lembah dan cocok untuk adrenalin,”timpalnya.

Sambungnya, sementara untuk penambahan untuk bantuan kopi arabika di Desa Tepal Kecamatan Bantulanteh Kabupaten Sumbawa insya allah sudah disetujui oleh Kementerian.

“Alhamdulillah untuk bantuan kopi arabica seluas 400 sampai dengan 600 hektar sudah disetujui oleh Kementerian. Dan ini buah dari kerja kita bersama,”pangkasnya.

Masih menurut H. Johan, hal ini harus diseriusi serta harus dikawal dengan baik. Agar program dari pemerintah bisa bermanfaat untuk masyarakat Sumbawa khususnya di Desa Kerekeh.

“Masyarakat harus serius untuk mengawal program ini. Pesannya sesuatu yang disampaikan dengan hati insya alah akan sampai ke hati pula,”katanya.

Sementara itu ditempat yang sama menurut Kepala Desa Kerekeh Muksin bahwa desa kerekeh merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS). Dan kami terpanggil untuk keluarga kami dibagian hilir.

“Kerekeh potensi alamnya sangat bagus tinggal bagaimana menjamahnya dengan baik. Dan ini perlu keterlibatan masyarakat semuanya,”urai Kades

Lanjut Kades, sumber air di desa ini sangat banyak. Namun belum dikelola secara maksimal. Sehingga perlu dukungan semua pihak untuk memaksimalkan demi menjaga mata air tersebut.

“Kami tentu berharap kepada Bapak H. Johan Rosihan untuk dapat membatu masyarakat di Desa kerekeh ini,”singkatnya.

Diketahui hadir pada acara penanaman pohon tersebut ikut mendampingi H. Johan Rosihan Camat Unter Uwis, Kapolpossektor, KPH Puncak Ngengas Bantulanteh, Sekdis Pertanian dan Ketua DPD PKS Kabupaten Sumbawa.

Sedangkan bantuan yang diserahkan oleh H. Johan Rosihan kepada masyarakat Sumbawa sejumlah 100 ribu. Dan saat ini sudah ditanam oleh masyarakat di Kabupaten Sumbawa (Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.