Keberadaan Kandang Ternak Ayam Pedaging di Desa Randugong Tengah Jadi Sorotan

PASURUAN, Harnasnews.com – Keberadaan kandang ternak ayam pedaging/ras yang berada di dusun Dempok, Desa Randugong, kecamatan Kejayandikeluhkan oleh masyarakat.

Pasalnya, keberadaan kandang ternak ayam pedaging/ras ini sangat berdekatan dengan pemukiman warga, jaraknya kurang dari 50 meter saja dan di ketahui miliki oleh H. Faisol.

Saat memasuki dusun dempok di RT.04 RW.02 tercium sangat menyengat akibat dekatnya kandang, dan ada warga yang mengatakan kalau ini belum seberapa yang lebih parah saat musim penghujan.

Entah berijin atau tidak masih belum jelas, dikarenakan pemilik kandang H. Faisol ketika dihubungi melalui telpon selulernya tidak mau memberikan keterangan banyak, dan enggan menemui.

“Bahwa kandang ternak ayam pedaging/ras itu sudah ada lama dan dari pihak peternak (H. Faisol) sudah membantu warga terkait dengan pengadaan air bersih gratis,” ungkap Usman, selaku Kepala Desa Randugong, saat dikonfirmasi media ini, Jumat (12/7).

Sementara itu, Hanan selaku ketua LSM AMCD mempertanyakan bahwa keberadaan kandang ternak ayam pedaging/ras tersebut apa sudah sesuai dengan aturan yang ada, karena sangat berdekatan dengan pemukiman warga.

“Kami meminta agar dari pihak Pemkab Pasuruan segera meninjau lagi keberadaan kandang tersebut, memang tanah dan lahan milik pribadi namun aturan harus tetap di terapkan karena menyangkut kepada kenyaman orang banyak,” pungkas Hanan. (Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.