Kembangkan Kasus Dana Reses, Jaksa Periksa Penerima Bantuan

SUMBAWA,Harnasnews.com – Setelah menemukan fakta baru terkait dana reses anggota DPRD Sumbawa periode 2014-2019, jaksa kembali melakukan pemanggilan, kemarin. Kali ini, giliran penerima bantuan yang diklarifikasi.

Dari pantauan di lapangan, sejumlah pihak mendatangi Kantor Kejari Sumbawa. Mereka didampingi sejumlah mantan dan anggota DPRD Sumbawa saat ini. Mereka merupakan para pihak penerima bantuan yang dikonversi dari Dana alat tulis kantor (ATK). Klarifikasi dilakukan secara bertahap pada pagi hingga sore hari.

Kasi Intel Kejari Sumbawa, Putra Riza Akhsa Ginting, SH mengatakan, pihaknya melakukan pemanggilan sedikitnya terhadap 100 orang pihak terkait. Sebab, berdasarkan hasil klarifikasi, ditemukan fakta baru. Dimana alokasi dana ATK dikonversi dalam bentuk bantuan.

Pemanggilan dilakukan pada para pihak itu akan dimaksimalkan dalam minggu ini. Mereka diklarifikasi terkait bantuan dari anggota dewan tersebut. Sehingga bisa diketahui akan kebenarannya. Para penerima bantuan ini tidak keseluruhannya dipanggil. Hanya sebagian saja. Paling tidak, satu anggota dewan akan dipanggil tiga orang penerima bantuan. Yakni masing-masing reses anggota dewan hanya diambil satu penerima bantuan.

“Setelah klarifikasi ini, kami akan melakukan evaluasi terakhir untuk mengambil keputusan. Tentunya nanti akan ada produk hukum dalam persoalan ini. Produknya seperti apa, tentu akan menunggu hasil dari evaluasi tersebut,” terang Putra.

Seperti diberitakan, sebelumnya seluruh anggota DPRD Sumbawa periode 2014-2019 dipanggil Kejari Sumbawa. Pemanggilan ini dilakukan terkait reses anggota DPRD Sumbawa tahun 2018 yang diduga bermasalah. Dana reses yang diduga bermasalah ini merupakan hasil temuan dari BPK. Hasil temuan ini sudah disampaikan ke Inspektorat Sumbawa untuk ditindak lanjuti. Namun, saat pihak Kejari Sumbawa hendak meminta data terkait hal tersebut, tidak dikirimkan oleh pihak Inspektorat. Akhirnya, pihak Kejari Sumbawa berkoordinasi langsung dengan BPK di Mataram terkait temuan itu. (Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.