Kementerian PUPR Salurkan Bansos 200 Kantung Sembako Kepada PWI

Nasional

JAKARTA,Harnasnews.com  – Dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terdampak Pandemi COVID-19, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) sebanyak 200 kantung sembako. Kali ini Bansos diberikan kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Penyaluran Bansos dari KORPRI PUPR secara simbolis dilakukan oleh Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Sudirman kepada Sekretaris Jenderal PWI Mirza Zulhadi di Gedung Kementerian PUPR.

Sudirman mengatakan bansos ini merupakan bentuk solidaritas dari karyawan Kementerian PUPR terhadap masyarakat yang terdampak Pandemi COVID-19. “Kita punya dana dari karyawan Kementerian PUPR yang di-manage oleh KORPRI. Jadi bantuan 56.125 paket sembako tidak diambil dari APBN tetapi betul-betul kepedulian karyawan Kementerian PUPR dalam menyikapi dampak Pandemi COVID-19,” kata Sudirman.

Penyerahan paket bantuan ini merupakan lanjutan ke 5 dari penyaluran 57.000-an paket sembako yang diawali oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Kamis (30/4/2020) lalu, diikuti secara serentak oleh balai /kantor di lingkungan Kementerian PUPR yang tersebar di 34 Provinsi dengan tetap memperhatikan pada Protokol COVID-19.

Bantuan ini merupakan donasi pribadi karyawan Kementerian PUPR yang dikumpulkan secara sukarela sejak 24 – 29 April 2020. Setiap kantong bantuan sembako berisikan beras 5 Kg, minyak goreng 2 liter, kecap 1 liter dan mie instan 20 bungkus senilai kurang lebih Rp 150.000 – 200.000 per kantung.

“Pada prinsipnya ini adalah bentuk gotong royong dan kebersamaan dalam menangani Pandemi COVID-19. Mudah-mudahan bantuan ini semakin meningkatkan keakraban bersama antara media dengan Kementerian PUPR dan terus bisa berjalan dengan baik,” tambah Sudirman.

Sekretaris Jenderal PWI Mirza Zulhadi mengucapkan terima kasih kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan keluarga besar Kementerian PUPR atas perhatian dan kepedulian yang diberikan. “Bantuan ini pasti sangat berarti untuk membantu teman-teman wartawan senior.

Salam kami untuk Pak Menteri dan terima kasih banyak juga untuk karyawan Kementerian PUPR yang memiliki kepedulian terhadap profesi ini. Mudah-mudahan ke depan jalinan tali kasih seperti ini tetap berjalan jadi ada saling pengertian dan kebersamaan membangun,” ucap Mirza.

Turut mendampingi saat penyerahan bantuan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja dan Sekretaris Dewan Korpri PUPR Retno Triyanti Handayani.

Sebelumnya, Kementerian PUPR juga telah menyalurkan bansos kepada 200 pemangkas rambut yang tergabung dalam Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut (PPRG) dan 85 penjahit yang tergabung dalam Perkumpulan Penjahit Pondok Gede Jatimakmur.

Bantuan sosial ini juga telah disalurkan secara serentak ke 34 provinsi di Indonesia dengan rincian 12.761 paket di Pulau Sumatera, 13.926 paket di Pulau Jawa, 1.175 paket di Pulau Bali, 985 paket di Nusa Tenggara Barat, 992 paket di Nusa Tenggara Timur, 4.510 paket di Pulau Kalimantan, 9.120 paket Pulau Sulawesi serta 7.670 paket di Provinsi Maluku dan Papua.

Penyaluran Bansos merupakan wujud kepedulian, solidaritas dan gotong-royong Keluarga Besar Kementerian PUPR, bersama Dharma Wanita, KORPRI Kementerian PUPR, dan OASE Kabinet Indonesia Maju guna mengurangi beban masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), termasuk bagi kelompok masyarakat dan para pekerja yang kehilangan mata pencahariannya karena terdampak Pandemi COVID-19.(Idhar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.