KP2IT akan Gandeng Penegak Hukum Awasi Anggota Dewan KTI Yang Terindikasi Korupsi

 

JAKARTA, Harnasnews.com – Presiden Komite Pemuda Pembangunan Indonesia Timur (KP2IT) Ebit B.T, SH mengatakan KP2IT mempunyai fungsi kontrol untuk mengawasi para pejabat anggota dewan DPR RI yang pernah menjabat atau yang terpilih saat ini sebagai anggota DPR RI dari dapil pemilihan Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang terindikasi kasus penyuapan dan gratifikasi ataupun kasus Korupsi.

Ebit berharap, data yang KP2IT punya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dan bahan acuan untuk di korelasikan dengan KPK, Kepolisian dan Kejaksaan RI dalam kerangka melakukan klarifikasi dan penguatan untuk menginvestigasi dan menyelidiki indikasi anggota DPR RI dari Kawasan Timur Indonesia yang terlibat dalam permainan Legislasi dan budgeting terutama yang pernah bersentuhan dengan komisi anggaran dan komisi yang lain di DPR RI.

“Kami KP2IT mempunya list by name by data indikasi korupsi yang bisa menyeret beberap pejabat anggota dewan DPR RI yang terindikasi Korupsi,ini terlihat dari beberapa kasus yang dulu sampai saat ini terkatung-katung akibat pemeriksaan yang belum selesai,” ujar Ebit, di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Ebit berharap, moralitas para dewan dari dapil kawasan timur indonesia untuk menggunakan hak legislasi dan hak budgeting sesuai dengan etika profesi dewan dan sebagai wakil rakyat yang amanah.

“Agar jangan hanya menjadi simbol rakyat di parlemen namun tidak pernah memperjuangkan hak rakyat di KTI tetapi yang timbul adalah memperkaya diri dan kelompok dibanding dengan memperjuangan kesejahteraan rakyat di KTI,” katanya.

Tak hanya itu, KP2IT melihat bahwa ada fenomena yang belum terpecahkan di parlemen yakni persoalan moralitas anggota dewan yang suka apatis dan praktis dengan menghalalkan segala cara untuk memperkaya harta kekayaan ketimbang membuat dan memperjuangkan hak rakyat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.