Mahasiswa KKN 125 Universitas Muhammadiyah Malang Adakan Pentas Ludruk

MALANG,Harnasnews.com – Mahasiswa KKN 125 Universitas Muhammadiyah Malang, adakan pentas seni dan gelar budaya, dalam rangka penutupan KKN di Desa Jambuwer, Kecamatan keromengan, kabupaten Malang, belum lama ini.

Adapun pentas seni budaya Ludruk yang diprakarsai oleh mahasiswa dan mahasiswi KKN 125 UMM, dengan judul “Opera van Jambuwer” yang bertujuan untuk melibatkan kesenian dan kebudayaan di desa Jambuwer dalam satu penampilan sekaligus menutup agenda KKN.

“Alasan kami menyelenggarakan acara ini adalah masih kurangnya kepedulian masyarakat, terkhusus anak muda terhadap warisan budaya di Jambuwer. Oleh karena itu, kita perlu mengingatkan pentingnya budaya pada generasi selanjutnya”, ujar Misbachul Islam, Ketua Pelaksana Opera van Jambuwer.

“Acara ini merupakan bentuk terimakasih kelompok KKN 125 UMM pada seluruh lapisan warga Jambuwer. Jadi, kami berharap warga Desa Jambuwer bisa menikmati sajian acara ini”, ujar Rizky Fitradhi, Koordinator Desa Kelompok KKN 125 UMM.

Pada kegiatan tersebut, berbagai pertunjukan disajikan yang dimulai dari Drama mahasiswa dan mahasiswi KKN 125, lalu dilanjut Pencak Silat dari beberapa paguyuban dari setiap dusun, antara lain: Garuda Jaya, Macan Putih, Kera Putih, dan Kancil Mas, Tari Topeng yang ditampilkan oleh Sanggar Galuh Candra Kirana, Tari Remo yang ditampilkan oleh Sanggar Sekar Arum, Tari Kreasi yang ditampilkan oleh Sanggar Sekar Arum dan beberapa teman-teman KKN 125, serta Jaranan yang ditampilkan oleh paguyuban Turonggo Setho. Setiap paguyuban dengan semangat menampilkan atraksi yang menarik dan menghibur.

Hal ini disambut positif oleh warga Jambuwer, dimana para tamu undangan dan warga dari setiap dusun Nampak menikmati penampilan yang disajikan.

“Ini merupakan acara yang sangat menghibur. Acara ini merupakan yang pertama kalinya di Jambuwer, jadi kami dapat hiburan baru disini”, ujar Suko, salah satu warga Desa Jambuwer.

Salah satu budayawan, Bunda Indah Langgeng juga mengapresiasi acara Ludruk tersebut.

“Alhamdulillah, acara ini bisa berjalan dengan lancar. Ludruk ini bisa menjadi jalan untuk mempersatukan kesenian dan kebudayaan yang ada di Jambuwer, jadi saya sangat berterimakasih”, ujarnya.

Kepala Desa Jambuwer, Tuwuhadi, juga mengapresiasi acara Opera van Jambuwer ini, secara umum seluruh kegiatan KKN 125 UMM.

“adek-adek KKN 125 UMM telah memprakarsai kegiatan yang menarik. Oleh karena itu, saya mewakili warga Desa Jambuwer berterimakasih atas terlaksananya kegiatan-kegiatan tersebut”, tandasnya. (hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.