Menjelang PPDB SMA/SMK Dindik Jatim Bekali Operator Sekolah Dengan (Bimtek)

Surabaya,Harnasnews.com – Jelang dibukanya tahapan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur bekali operator sekolah dengan bimbingan teknis (bimtek) pelayanan pengambilan PIN, Kamis (23/5). Karena, pada tanggal 27 Mei mendatang sekolah akan disibukkan dengan pengambilan PIN yang dilakukan siswa.

Diungkapkan Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dindik Jatim, Indah Andayati mengungkapkan peran operator PPDB sangat penting untuk sekolah. Berbeda dengan tahun lalu, pengambilan pin tahun ini selain digunakan untuk mendaftar di SMA/SMK yang ditujuh, juga dilakukan penanda titik koordinat lokasi rumah dengan sekolah. Penentuan titik koordinat tersebut juga berlaku untuk kuota dengan menggunakan NUN (Nilai Ujian Nasional) maupun jalur offline. Data penentuan lokasi tempat tinggal tersebut nantinya akan dimasukkan dalam database siswa.

“Jadi mereka (operator) memandu siswa dan wali murid untuk menandai rumahnya pada map. Dari itu nanti mereka bisa mempertimbangkan mau sekolah dimana,” ungkap dia.

Pengambilan PIN, kata Indah, bisa dilakukan di SMA/SMK terdekat, dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan. Seperti berkas kartu keluarga (KK) baik asli maupun foto copy, surat keterangan lulus, dan nomor peserta ujian nasional siswa.

”Kami pertegas tidak perlu membawa surat keterangan domisili. Karena KK saja sudah cukup,”tambah dia.

Sementara bagi siswa yang mendaftar SMK persyaratan awal, harus menyertakan surat keterangan sehat dari puskesmas dan rumah sakit saat pengambilan PIN.

Leave A Reply

Your email address will not be published.