Harian Nasional News Group

Meski Pandemi Covid 19, Juaini Berjibaku Antisipasi Banjir di DKI

Dua Hari, Intensitas Hujan Mulai Tinggi

JAKARTA, Harnasnews.com – Dua hari terakhir intensitas hujan di ibukota mengalami peningkatan.
Guna mengantisipasi adanya banjir di DKI, kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini Yusuf melakukan sejumlah terobosan. Salah satunya, dengan melakukan grebek lumpur di sejumlah sungai dan waduk.

Menurut Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini Yusuf, program ini bertujuan agar daya tampung sungai maupun waduk bisa bertambah. Sehingga bisa mencegah banjir yang kerap melanda beberapa wilayah di Ibukota.

“Sejak Maret dan April lalu, Dinas SDA dan Sudin SDA di lima wilayah sudah melakukan persiapan dan sampai saat ini masih terus kita lakukan pengerukan di sungai dan waduk,” ujar pejabat DKI yang memiliki keturunan asli Betawi itu, Selasa (15/9/2020) malam.

Menurutnya, program pengerukan yang dilakukan memfokuskan pada endapan lumpur yang ada di kali, waduk, saluran penghubung (PHB) maupun saluran mikro dan makro di lima wilayah kota administrasi DKI Jakarta.

“Kita berharap disaat musim penghujan datang, daya tampung air jadi lebih besar. Sehingga bisa mengurangi resiko banjir di Jakarta,” papar Bendahara Bamus Betawi itu.

Seperti diberitakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikasi sebelumnya merilis prakiraan jadwal musim hujan di Indonesia pada akhir tahun 2020 dan awal 2021.

BMKG memprediksi musim hujan di Indonesia akan mulai berlangsung secara bertahap pada bulan Oktober 2020. (sof)

Leave A Reply

Your email address will not be published.