OK OCE Maritim Minta Pemerintah Beri Stimulan Kepada Industri Galangan Kapal

Nasional

JAKARTA,Harnasnews.com – Menyikapi penurunan produktivitas Industri Galangan Kapal di Indonesia, OK OCE Maritim minta pemerintah memberikan stimulan bagi pelaku usaha galangan kapal. Hal ini tidak lain untuk mendukung visi Poros Maritim Dunia oleh Presiden Joko Widodo.

“Saat ini produktifitas industri galangan kapal mengalami penurunan akibat pandemi Covid 19 yang memang secara nyata menghantam semua jenis sektor. Satu galangan kapal saja bisa mempekerjakan seribu lebih tenaga kerja. Karena itu kami harapkan segera ada stimulan dari pemerintah untuk menyelamatkan sektor ini,” ujar Victor Aritonang, Ketua Umum OK OCE Maritim Indonesia RA Victor Aritonang di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Menurutnya, stimulan yang diharapkan oleh pengusaha galangan kapal antara lain adalah kebijakan keringanan pajak, kebijakan restrukturisasi pinjaman dan mengutamakan keterlibatan
pengusaha nasional dalam pengadaan kapal untuk keperluan pemerintah.

Victor Aritonang juga berharap tidak terjadi pemutusan hubungan kerja besar-besaran di sektor industri galangan kapal karena ketidakmampuan dari pelaku usaha untuk bertahan dari efek pandemic ini.

Sebab, jika itu terjadi maka dampaknya akan menyebabkan ribuan orang yang bekerja di sektor tersebut menjadi pengagguran.

Dikutip oleh Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Sarana Lepas Pantai Indonesia (IPERINDO), proyeksi kinerja industri galangan kapal tahun ini akan minus karena permintaan pembuatan dan reperasi kapal menurun.

“Salah satu upaya yang dilakukan agar dapat bertahan dalam masa pandemi ini adalah menekan biaya dan memanfaatkan stimulus terkait restrukturisasi pinjaman,” kata Victor.

Melihat kondisi tersebut, Victor Aritonang mengharapkan stimulan yang diberikan oleh pemerintah dapat membantu industri galangan kapal dapat bertahan dalam menghadapi situasi keterpurukan saat ini.

Selain itu, Victor menambahkan agar pengadaan kapal untuk kebutuhan Pemerintah, Pemerintah Daerah dan BUMN/BUMD mengutamakan melibatkan pengusaha galangan kapal nasional.

“Dengan mengutamakan pengusaha nasional dalam pengadaan kapal untuk kebutuhan Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD itu sudah turut membantu agar mereka tetap dapat eksis,” tutur Victor.(sof)

Leave A Reply

Your email address will not be published.