Pemda Sumbawa Gelar PPKS

SUMBAWA,Harnasnews.com  – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus melakukan upaya untuk menangani Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Harapannya, agar peran dan fungsi pelaku sosial dapat terus ditingkatkan, sehingga penyelenggaraan kesejahteraan sosial dapat memberikan keadilan sosial bagi masyarakat, untuk dapat hidup secara layak dan bermartabat.

Hal itu disampaikan Bupati Sumbawa melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda – H Hasan Basri pada Bintek Pemutakhiran Data PPKS Bagi Petugas Pendata Tingkat Desa, di Aula H. Madelaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (18/3).

Menurutnya, sasaran atau objek dari program penyelenggaraan kesejahteraan sosial yakni, perseorangan, keluarga, kelompok dan/atau masyarakat, yang diprioritaskan kepada mereka yang memiliki kehidupan yang tidak layak secara kemanusiaan, dan memiliki kriteria masalah sosial, seperti kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana, korban tindakan kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

‘’Melalui kesempatan ini, saya berharap agar para petugas pendata ditingkat desa, selalu berkoordinasi dengan para stakeholders di masing-masing wilayah tugasnya, sehingga penanganan PPKS dapat dilaksanakan tepat sasaran, dan mampu mendukung percepatan pengentasan kemiskinan di tana’ Samawa yang kita cintai,’’ tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Sumbawa – A. Yani menyatakan, verifikasi data dilakukan untuk memastikan pendataan yang telah dilakukan sesuai dengan prosedur, dan memastikan data yang telah dikumpulkan atau dimutakhirkan sesuai dengan fakta lapangan. Menurutnya, data atau informasi sebagai kandungan DTKS merupakan salah satu faktor pendukung utama keberhasilan pelaksanaan pembangunan kesejahteraan sosial. ‘’Data dan informasi tersebut memerlukan updating sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya, sehingga menjadi lengkap, akurat dan terpercaya,’’ pungkasnya. (Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.