Peringati Hari Santri Nasional dan Sumpah Pemuda Klurahan Jogosari Gelar Pasar Rakyat

Pasuruan, Harnasnews.com – Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) dan Hari Sumpah Pemuda 2019. Klurahan Jogosari menggelar kegiatan pasar rakyat, yang dilaksanakan di jalan depan Klurahan Jogosari Kecmatan Pandaan pada hari minggu (27-10-2019).

Acara sendiri di buka oleh Andre Wahyudi Perwakilan dari anggota Dewan Kabupaten Pasuruan dari Fraksi PDI-P di dampingi Kepala desa Jogosari Imam Pamuji s, E. dan muspika. Di awali bacaan sholawat waton berlanjut pembacaan Sumpah Pemuda dan di lanjutkan senam serta kegiatan lainnya.

Dalam sambutannya Andre Wahyudi menyebut, para santri patut bersyukur karena tahun ini merupakan tahun keempat bagi para santri dan seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Santri setelah diakui negara melalui Kepres No.22 Tahun 2015 tentang penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Para santri kembali mendapat pengakuan negara melalui pengesahan Undang Undang (UU) Pesantren.

“Diharapkan melalui UU Pesantren, santri dan pendidikan pesantren dapat meningkatkan peran dan kontribusinya dalam pembangunan bangsa dan negara melalui fungsi pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat,”ujar Andre Wahyudi.

Acara kian meriah manakala pada saat senam sehat berlangsung, banyak warga sekitar sangat menikmati setiap kegiatan yang berlangsung serta banyak dari mereka berkeinginan menjadi kegiatan rutinitas Klurahan. Alkhamdulillah kegiatan pasar rakyat sangat membantu kami dengan harga yang jauh beda dari biasanya, dan saya berharap kegiatan ini menjadi rutinitas Klurahan,ujar salah satu warga.

Sementara itu Kepala Desa Jogosari Imam Pambudi S, E. mengatakan pada pada awak media harnasnews.com bahwa kegiatan pasar rakyat ini bertujuan menjalin kerukunan antar warga sekaligus meningkatkan perekonomian di Klurahan Jogosari khususnya dan Kecamatan Pandaan pada umumnya. Tak lupa kegiatan ini juga bertujuan agar semua elemen masyarakat peduli akan sampah.( por)

Leave A Reply

Your email address will not be published.