Perkumpulan Sosial Rukun Warga Jawa Dikukuhkan

SUMBAWA,Harnasnew.com –  Perkumpulan Sosial Rukun Warga Jawa Kabupaten Sumbawa periode 2019/2022 secara resmi dikukuhkan Kamis, (15/08) bertempat di Gedung pertemuan Perkumpulan sosial rukun Warga Jawa jalan Gunung Setia Nomor 10 Kelurahan Brang Biji.

Acara pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua umum terpilih Drs. Muhammad Ansori berjalan khidmat penuh rasa kekeluargaan dalam bingkai kebersamaan

Kegiatan rutin tiga tahunan tersebut di mulai sejak pukul 14.30-17.30 diawali dengan Pembacaan Kalam ilahiah oleh Ibu Nurhayati, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sambutan ketua Umum terpilih periode 2019/2022 oleh Drs. Muhammad Ansori, pembacaan Surat Keputusan (SK) Pengurus Periode 2019/2022 dan pengukuhan pengurus dengan pembacaan ikrar janji sebagai cita suci dalam rangka pelaksanaan semangat program dan nilai perkumpulan.

Selanjutnya sambutan ketua Umum sekaligus Laporan pertanggung jawaban (LPJ) periode 2013/2019 oleh Mulyadi, S.Sos dimana LPJ nya diterima tanpak syarat oleh semua audiensi perkumpulan usai sambutan – usai LPJ langsung dilakukan serah terima jabatan dari ketua umum yang lama ke ketua umum yang baru ditandai dengan penyerahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga (AD/ART) Perkumpulan dan penyerahan piagam penghargaan atas prestasi dan partisipasi perkumpulan dalam mengikuti kegiatan sosial kemasyarakatan dari Dandim/1607 Sumbawa.

Sementara sebelumnya Drs. Muhammad Ansori selaku ketua umum baru periode 2019/2022 atas hasil musyawarah Kabupaten (Musyarkab) pada bulan Juli lalu dalam sambutanya, menyampaikan kata penghargaan dan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin organisasi tersebut tiga tahun kedepan. Namun demikian jelasnya bahwa organisasi itu akan bermakna manakala ia berfungsi sesuai aturan main organisasi yakni AD/ ART Perkumpulan.

Dalam kesempatan itu juga ia memaparkan beberapa kerangka Umum program seperti program Jangka pendek Rapat rutin bulanan setiap tanggal 15, yasinan bersama setiap bulan, arisan dan lainnya termasuk mengikut semua program partisifatip yang di selenggarakan oleh pemerintah daerah.

Untuk program jangka menengah kerjasama dengan pihak eksternal baik pemerintah maupun lembaga sosial ekonomi lainnya dalam rangka membangun dan penguatan UMKM, bersilaturahim keseluruh wilayah kecamatan untuk menghimpun warga Jawa dalam rangka pembentukan penguatan organisasi ke tingkat kecamatan di daerah ini

Program jangka panjang mencerdaskan generasi bangsa menuju insan tangguh yang beriman dan takwa kepada Allah SWT dengan memfungsikan Gedung perkumpulan untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat baik untuk internal maupun untuk masyarakat samawa yang kita cintai, terang Ansori.

Mulyad, dalam sambutanya, menyampaikan pesan yang sama yakni ucapan terimakasih telah dipercayakan sebelumnya dua periode berturut-turut memimpin perkumpulan selama enam tahun.

Namun demikian katanya, sembari mengutip sebuah pepatah “Tak ada gading yang tak retak”, tak ada pelpah yang tak tangkas”, artinya kekurangan dan kekhilafahan adalah bagian yang tak terpisahkan dalam dialegtika organisasi, sehingga lontaran kata maaflah yang mampu menjadi penutup sempurnah dipenghukung kalimat setiap insan agar dapat saling memaafkan satu sama lain, ucap mantan Camat di berbagai Medan juang itu, dengan rona ke khasan roman dan kata-katanya dihadapan perkumpulan.

Diketahui sedikitnya sekitar 150 personalia sebagai pengurus baru telah dilantik termasuk pelindung penasehat untuk mengisi berbagai komposisi dan bidang seperti Ketua Umum, Ketua Harian, sekretaris, bendahara, Seksi Humas, seksi pembangunan, seksi organisasi, seksi pembinaan usaha mikro, seksi penggalangan dana, Seksi pemuda dan olahraga, seksi pemberdayaan perempuan, seksi keamanan dan ketertiban, seksi seni dan budaya, seksi kerohanian, seksi advokasi dan hukum dan juga tanggungjawab setiap kelompok dimasing- masing-masing tempat sebagai koordinator dalam setiap kegiatan.(Alwan Hidayat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.