Program Unggulan Inovasi Smart Driving Test Satlantas Polresta Sidoarjo

Upaya Pelayanan Terbaik Untuk Para Pemohon SIM

SIDOARJO,Harnasnews.com – Satlantas Polresta Sidoarjo terus melakukan pembenahan dalam sistim ujian praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C dan A, dengan sistem sensor ultrasonik.

Inovasi satlantas Polreata Sidoarjo Smart Driving Test (SSDT) ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih transparan dan akuntabel objektif dalam pelayanan.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar, S.I.K. mengatakan, untuk mengurangi komplain masyarakat masih butuh penyempurnaan dalam fasilitasnya.

Dia menambahkan, inovasi SSDT atau sensor ultrasonik dilengkapi dengan lampu rotator.

Menurutnya, sensor akan bekerja di saat pengendara akan melakukan praktek SIM. Jika pengendara melewati batas sensor yang ditentukan, maka secara otomatis akan memantulkan bunyi atau suara.

“Semaksimal mungkin mereka yang praktek tidak melewati garis putih. Karena secara langsung sensor ini akan menunjukkan nilai dan tertera pada sistem komputer operator yang koneksi dengan sensor di lapangan,” paparnya, Kamis (1/8)

Sedikitnya ada 29 sensor ultrasonik yang terpasang di beberapa titik lokasi praktik SIM. Menurutnya, adanya sensor ultrasonik sekaligus menjawab banyaknya keluhan masyarakat terkait kepengurusan SIM, khususnya praktek pembuatan SIM.

“Jika selama ini warga beranggapan dipersulit dan sebagainya, maka alat ini cukup membantu memudahkan mereka. Jadi, mereka bisa tahu kesalahannya sendiri saat mengendarai motor,” jelasnya.

Di lokasi ujian praktek SIM terdapat beberapa model lintasan, di antaranya, lintasan lurus, lintasan zig zag, lintasan angka delapan, dan lintasan putar balik. Selain sensor ultrasonik, juga dilengkapi dengan traffic cone.

Satlantas Polresta Sidoarjo Jawa timur telah memiliki keunggulan yaitu meluncurkan inovasi teknologi penggunaan sensor ultrasonik dalam kegiatan uji praktik SIM, dengan Inovasi ini berawal dari keinginan agar proses ujian praktik SIM bisa transparan sehingga masyarakat akan lebih percaya dan senang dalam pelayanan pengurusan SIM bisa didapat dengan mudah dan cepat,ungkap Fahrian. (Red/Ist)

Leave A Reply

Your email address will not be published.