Tahun Ini Kadistan Target Satu Juta Ton Jagung

SUMBAWA,Harnasnews.com  – Perhatian Pemerintah Pusat melalui Kementan RI pada sektor pertanian tanaman jagung kepada NTB khususnya Kabupaten Sumbawa terus galakkan. Sehingga tahun ini Pemerintah Kabupaten Sumbawa menargetkan tahun tahun ini satu juta ton jagung. Kepala Dinas Pertanian Sumbawa Ir Talifuddin kepada www.harnasnews.com mengemukakan jika hal tersebut akan mampu dikerjakan. Mengingat luasan lahan yang ditanami jagung tahun ini mencapai sekitar 125 ribu hektar.

“Jika perhektar hasilnya 8.ton maka satu juta ton tersebut akan kita dapatkan. Karena sekarang pada musim MK 1 MK 2 dan MH masyarakat tanam jagung, “ungkapnya (
22/2/2019)

Menurutnya kemarin kita cek jagung di Usar, Selanteh dan Sepayung tanaman jagungnya bagus. Dan bisa 8 ton perhektar. Sehingga program pemda 1 juta ton mampu kita penuhi,”jelasnya.

Tambah Talif, saat ini sudah ada yang panen. Misalnya Labangka dan Lunyuk. Dua Kecamatan ini saat ini panen jagung. Dan dalam waktu dekat barangkali kita akan panen jagung perdana.

“Labangka dan Lunyuk saat ini sudah mulai panen. Dan dalam waktu dekat kita akan segera melakukan panen perdana,”singkatnya

Diketahui Kabupaten Sumbawa menjadi lumbung jagung nasional saat ini. Maka dari itu Kementan terus mendorong Sumbawa untuk menjadi pilot project jagung 2000 hektar di Kecamatan Plampang. Di Sumbawa sendiri lumbung jagung terbesar adalah Labangka, Lunyuk, Empang, Tarano, Utan, Moyo Utara dan Kecamatan Plampang (Herman/ADV)

Leave A Reply

Your email address will not be published.