Timbulkan Bau Busuk, PT Kasih Prima Dan PT Hestia Dikeluhkan Warga Dusun Wonoayu Desa Gempol

Pasuruan,Harnasnews.com -Warga sekitar pabrik pengolahan udang milik PT KASIH PRIMA dan PT. HESTIA di Dusun Wonoayu Desa Gempol Kecamatan Gempol, mengeluhkan bau busuk dari limbah pabrik tersebut.

Mereka khususnya yang tinggal di Dusun Wonoayu Desa Gempol, terdampak langsung pengelolaan limbah udang yang mengeluarkan bau busuk menyengat itu.

Hampir setiap hari warga harus terganggu, karena menghirup udara dengan aroma tak sedap.

“Kami warga Wonoayu dan sekitar berharap kepada pihak PT. Kasih Prima dan PT. Hestia untuk memindahkan atau sekalian menutup tempat pengelolaan limbah udang itu. Apalagi selama ini, kami tidak menerima kompensasi apapun dari pihak perusahaan,” kata salah satu warga yang mengeluh pada awak media harnasnews.com, Rabu 28 Agustus 2019.

Meskipun beberapa kali sebelumnya, warga menyampaikan keluhan itu kepada kedua pabrik tersebut namun hingga kini belum ada tanggapan serius.

“Pihak Polsek Gempol juga sempat menerima keluhan warga sekitar dan pihaknya telah menerima laporan dari warga serta langsung menindaklanjutinya, dengan melakukan mediasi pihak kedua perusahaan dengan warga. Namun kedua pihak itu dinilai tidak mengindahkannya,” ujar Kapolsek Gempol Kompol Maryono.

Terkait tuntutan warganya yang meminta bahwa PT. Kasih Prima dan PT. Hestia pindah/tutup, kades M. Chamdi tidak bisa berbuat banyak.

“Kewenangan kami terbatas, teguran juga sudah. Tapi tetap saja. Akhirnya melaporkannya ke Camat Gempol, biar ada tindak lanjut untuk berikutnya,” ujar kades M. Chamdi.

Sementara itu, Camat Gempol M. Ridwan membenarkan sudah mendapat laporan dari Kades Gempol terkait bau tak sedap itu.

“Pemilik gudang segera kami panggil ke kantor Kecamatan dalam waktu dekat. Supaya ada tindak lanjut dengan meminimalisasi munculnya bau tak sedap kerap kali ditimbulkan, sehingga dikeluhkan warga sekitar,” tegasnya. (por/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.