TMMD Ke 106 Kodim Tabanan Berakhir, Resmi Ditutup Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa

TABANAN,Harnasnews.com – Pelaksanaan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 Kodim 1619/Tabanan di Desa Gubug dan Desa Bongan yang sudah berjalan selama 30 hari tersebut, pada Kamis (31/10/2019) resmi berakhir.

Istimewanya kegiatan penutupan TMMD tersebut dilakukan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa bertempat di Lapangan Desa Gubug Tabanan.

Sebagaimana ketentuan yang berlaku bahwa saat pembukaan TMMD dilakukan oleh pejabat sipil maka pada penutupan dilakukan oleh pejabat militer. Menjadi kebanggaan penutupan TMMD ke 106 Kodim 1619/Tabanan dilakukan oleh Kasad dan juga serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Rangkaian kegiatan penutupan ini diawali penyambutan Kasad beserta Ibu Hetty Andika Perkasa dengan pengalungan bunga dan penyerahan hand buket. Untuk selanjutnya menerima paparan Dansatgas TMMD, Letkol Inf Toni Sri Hartanto kepada Kasad dan rombongan bertempat di Aula Kantor Desa Gubug.

Dansatgas menjelaskan tentang proses perencanaan, penyiapan, pelaksanaan hingga hasil yang sudah dicapai dan diwujudkan berupa sasaran utama pembuatan jembatan sepanjang 17 meter dengan lebar 5,5 meter dan tinggi 5 meter serta sasaran lainnya seperti pembuatan senderan, pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 65 meter, bedah rumah 2 unit dengan anggaran seluruhnya 1,6 Milyar.

Sambutan Kasad sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat yang menurut Kasad sangat tinggi.

Kasad mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Tabanan yang telah mengalokasikan anggaran sejumlah 1,6 Milyar ditambah dana tambahan 100 juta rupiah.

Kasad menyebutkan anggaran disiapkan pemerintah kabupaten sementara TNI siap dengan tenaganya. Semangat kebersamaan dan gotong- royong yang dilakukan TNI bersama masyarakat menjadi suatu contoh yang patut dipertahankan dan ditingkatkan.

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa yang didampingi langsung oleh Ibu Hetty Andika Perkasa merasa sangat terkesan dari penyambutan yang dilakukan yang melibatkan masyarakat dan anak sekolah serta hal-hal yang bernuansa kearifan lokal.

Sementara Bupati Kabupaten Tabanan, Ibu Putu Eka Wiryastuti menilai TMMD bukanlah hal asing lagi karena sudah dilakukan sejak dulu dan banyak membantu pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dimana ada rakyat disitu ada TNI dan begitu juga sebaliknya.

“Sinergi dan kerjasama antara TNI dengan Pemerintah Kabupaten dan masyarakat dalam konteks TMMD memang benar-benar dirasakan manfaatnya”, tutup Bupati Tabanan.

Usai upacara penutupan, Kasad didampingi Ibu Hetty Andika Perkasa dan Bupati Tabanan menyerahkan 2 buah sertifikat tanah, 2 buah kunci hasil bedah rumah, buku perpustakaan bantuan dari Perpustakaan Nasional, penyerahan secara simbolis berupa Sembako, alat penetas telur, dan Pupuk Bios 44 kepada warga Desa setempat, serta diakhiri dengan kegiatan peninjauan Stand Pameran/Baksos oleh seluruh tamu undangan yang hadir. (Pendam IX/Udy/VIDI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.