Tumpeng Tempe Raksasa Mewarnai Sedekah Bumi Di Desa Sedengan Mijen Krian

Sidoarjo,Harnasnews.com – Upacara sedekah bumi di Desa Sedengan Mijen Kecamatan Krian pagi ini (27/04/18) berlangsung sangat meriah. Sedekah Bumi tahun ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, untuk tahun ini menyuguhkan tumpeng tempe raksasa, tumpeng nasi, tumpeng keripik tempe, dan juga tumpeng hasil budidaya antaranya tumpeng sayur, dan tumpeng ikan bakar.

 

Upacara Sedekah Bumi ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin, SH, Ketua DPRD Sidoarjo, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, dan para Camat Se- Kabupaten Sidoarjo.

 

Kepala Desa Sedengan Mijen M. Hasanuddin, S.Ag, menjelaskan bahwa kegiatan Sedekah bumi ini sebagai ungkapan rasa syukur, serta untuk meneruskan budaya yang sudah turun temurun. Untuk pembuatan tumpeng tempe raksasa ini menggunakan 100 batang bambu untuk merancang tumpeng tempe setinggi 11 meter,dan membutuhkan   tempe sebanyak  1 ton tempe, itupun masih kurang. Dan semua tempe yang digunakan merupakan hasil UKM di Desa Sedengan Mijen.

 

“Dalam acara sedekah bumi ini pemdes hanya mengeluarkan dana Rp. 35 juta dari APBdes, sisanya merupakan swadaya masyarakat dan para seponsor,” jelas Hasanudin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.