Wagub Cok Ace Pimpin Ziarah Rombongan dan Tabur Bunga ke TMP Margarana

BALI,Harnasnews.com – Memperingati Hari Puputan Margarana ke-74 Tahun 2020, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) memimpin ziarah rombongan dan tabur bunga di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Kabupaten Tabanan, Jumat (20/11/2020).

Berbeda dari pelaksanaan tahun sebelumnya, peringatan Hari Puputan Margarana tahun ini dilaksanakan secara sederhana di tengah pandemi Covid-19. Kendati demikian, kegiatan yang dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Bali dan Pimpinan OPD Pemprov itu tetap berlangsung khidmat.

Ziarah rombongan dan tabur bunga diawali dengan pembacaan sejarah singkat Perang Puputan Margarana. Puputan Margarana adalah peristiwa pertempuran habis-habisan pasukan Ciung Wanara yang dipimpin I Gusti Ngurah Rai melawan Belanda. Pertempuran itu berpusat di Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan pada 20 November 1946 atau tepat 74 tahun silam.

Meski digempur habis-habisan oleh pasukan Belanda dengan kekuatan penuh dan persenjataan modern, sosok pahlawan I Gusti Ngurah Rai tak menunjukkan rasa gentar dan terus membakar semangat pasukannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.