Appsindo Minta Keringanan Bunga Bank bagi Pelaku UMKM

JAKARTA, Harnasnews.com – Aliansi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (Appsindo) mengeluhkan daya beli masyarakat menurun akibat dampak pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Appsindo Hasan Basri, terkait dengan keluhan sejumlah anggotanya yang tidak sanggup menutupi angsuran pinjaman bank.

Menurut Hasan, meski pihak perbankkan memberikan kemudahan dalam rangka pemberian permodalan bagi pelaku UMKM di pasar tradisional, tapi banyak pelaku usaha yang enggan untuk meminjam kembali, karena takut tidak bisa membayar angsuran lantaran sepinya pembeli.

“Seperti baru-baru ini ada penawaran kemudahan permodalan bagi pelaku UMKM dari salah satu bank milik pemerintah, tapi kurang mendapat respon. Alasannya cukup logis, mereka khawatir tidak bisa membayar angsuran.
Sementara, para pedagang masih memiliki tanggungan angsuran bank yang sebelumnya,” kata Hasan kepada wartawan di Jakarta, Minggu (9/5/2021).

Hasan menilai ada persoalan ekonomi yang sangat serius yang terjadi akibat pandemi ini.
Untuk itu, Appsindo berharap agar otoritas jasa keuangan (OJK) memberikan kebijakan pemutihan terhadap pelaku usaha yang mengalami kredit macet akibat terkendala keuangan di masa pandemi ini, sehingga bisa mendapatkan kemudahan kredit kembali dengan bunga bank yang ringan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.