Diduga Tertipu Penyalur TKW Ilegal, Tiga Bulan Di Saudi Habiyah Baru Dapat Satu Bulan Gaji

BOGOR, Haenasnews — Seorang Ibu Warga Sampang Madura kelahiran 20 September 1979 asal Desa Beringin Nonggal Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang Madura terjebak janji manis perusahaan sponsor illegal. Semula dijanjikan sebagai cleaning service ternyata sesampainya di Arab Saudi malahan dijadikan sebagai TKW (Tenaga Kerja Wanita) bertugas sebagai Asisten Rumah Tangga alias Pembantu Rumah Tangga di Albaha Arab Saudi.

Kepada Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Media Online di Bogor, kerabatnya bernama Martin melaporkan bahwa Habiyah yang sudah tiga bulan berada di Arab Saudi sudah tidak kerasan. Namun apa daya, ingin segera pulang ketanah air tetapi tidak bisa karena dilarang oleh perusahaan sponsor yang membawanya dengan kewajiban harus membayar sejumlah uang yang tidak sedikit.

“Sudah tiga bulan Habiyah berada di Arab Saudi, namun baru sekali mendapatkan gaji. Kalau mau pulang harus menebus dengan sejumlah uang yang tidak sedikit,” ungkap Martin.

Silahkan lapor ke Kedutaan, kami enggak takut, ujar pengusaha sponsor disana. Bagaimana mau menebus dengan uang yang banyak, keluarganya sangat miskin di Madura, untuk makan saja susah, kata Martin.

Dikatakan Martin, Habiyah diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Pelabuhan Udara Halim Perdana Kusumah Jakarta dan memiliki Paspor Nomor C 6887004 berlaku tanggal 31 Agustus 2020 sampai 31 Agustus 2025, transit ke nagara lain sebelum ke Arab Saudi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.