Dondang dan Adu Bedug, Tradisi Lokal Kota Bekasi Yang Masih Bertahan di Era Modernisasi

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Indonesia terkenal dengan budaya dan adat yang sangat kaya. Salah satunya festival Dondang dan Adu bedug yang merupakan adat tradisional khas Mustikajaya Kota Bekasi yang masih bertahan di tengah arus modernisasi. Ribuan orang dari 4 kelurahan tumpah ruah di kecamatan Mustikajaya memadati stadion mini. Minggu (22/05/22).

Dengan memakai pakaian adat Betawi dan pakaian tradisional lainnya, mereka melakukan karnaval dan pawai. Lomba Dondang dan Adu Bedug antar kelurahan dinilai oleh tim penilai.

Mochamad Adhi, salah satu peserta lomba Dondang dan bedug menuturkan bahwa ia mempersiapkan untuk lomba itu selama 1 bulan.

“Kita diberi waktu sekitar sebulan, sebelum bulan puasa, kita melaksanakannya terkait dengan pengumuman maupun sosialisasinya baik ditingkat RT, RW, maupun warga setelah Idhul Fitri,” kata Adhi.

Berlanjut kepada teknis pelaksanaan dan mekanismenya, 3.300 orang lebih warga kelurahan Mustikajaya dari 33 RW dan 209 RT ikut serta dalam ajang tahunan yang digelar setiap Syawal itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.