UMKM Berperan Bantu Pulihkan Ekonomi Selama Pandemi Covid-19

JAKARTA, Harnasnews.com –  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran dan kontribusi besar dalam pemulihan perekonomian nasional selama pandemi Covid-19.

Dalam kaitan itu,  DPR mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk berpartisipasi aktif dalam melakukan pelatihan-pelatihan kepada para pelaku UMKM sehingga pelaku UMKM dapat dengan optimal memanfaatkan ruang digital dalam meningkatkan transaksi dagang daringnya.

Demikian disampaikan Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid dalam keynote speakernya pada acara webinar bertajuk UMKM Maju Melalui Pemanfaatan Media Sosial yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta, Kamis (7/10).

Acara yang diikuti 150 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek melalui zoom itu menghadirkan Dosen Vokasi UI, Dr Devie Rahmawati serta Founder Nasi Goreng Tiarbah dan Masak Institute, Tiarbah sebagai narasumber.

“Dari data yang ada, 61,7 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, disumbang oleh UMKM dengan mayoritas 37,7 persen berada di usaha mikro,” kata Meutya Hafid.

Ia mengatakan DPR terus mendorong pemerintah untuk mempercepat berbagai upaya dalam membangun literasi digital sehingga menjadi upaya perubahan kultur dan attitude masyarakat dalam percepatan transformasi digital.

“Mengakses internet secara mudah, cepat dan terjangkau merupakan impian seluruh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.