Antisipasi Tanggul Sungai Citarum di Cabangbungin Tidak Jebol, Pemkab Bekasi Tancapkan 3.000 Bambu

Nasional

BEKASI,Harnasnews.com  – Pemerintah Kabupaten Bekasi mengirimkan 3.000 batang bambu untuk menahan tanggul Sungai Citarum agar tidak jebol di Kampung Tapakserang RT05/03, Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin.

Ribuan batang bambu tersebut untuk dijadikan tiang pancang sebagai antisipasi agar tanggul sungai di lokasi tersebut tidak jebol.

“Kami sudah membantu 3.000 bambu, karung dan 50 kawat bronjong,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bekasi, Henri Lincoln.

Henri mengatakan, bantuan tersebut sangat dibutuhkan agar kerusakan tanggul Sungai Citarum tidak semakin parah. Apalagi, wilayah Bekasi diprediksi akan memasuki musim hujan di akhir tahun ini.

“Kami sebenarnya hanya antisipasi saja tetapi koordinasi ada di dinas teknis,” katanya.

Camat Cabangbungin Asep Buchori mengatakan, tanggul Sungai Citarum membutuhkan sedikitnya 10.000 batang bambu untuk menahan agar tanggul tidak jebol.

“Kami melakukan pemancangan sebanyak 5.000 bambu di sepanjang tanggul, tapi ternyata saya hitung ini harus membutuhkan 10.000 bambu lagi. Sehingga kami harus menunggu lagi,” katanya.

Selain bambu, bantuan lain yang diperlukan yakni tanah dari sektor 20. Tanah ini untuk merendam agar tanggul tidak jebol.

Karena tanggul Sungai Citarum dengan lebar 20 sentimeter dan panjang 700 meter di Cabangbungin Bekasi ini sangat berisiko dan rawan jebol ketika debit air Sungai Citarum tinggi saat memasuki musim hujan.
(Sygy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.