Dorongan Rasa Peduli Lingkungan, Ubah Tempat Sampah Jadi Bernilai Ekonomi Mandiri

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Sampah, menjadi permasalahan nasional yang kerap kali menimbulkan masalah tersendiri. Sampah juga menjadi permasalahan utama banjir di beberapa wilayah.

Namun, jika sampah dapat dikelola dengan benar, maka bukan saja mengurangi permasalahan namun tapi juga dapat mendatangkan keuntungan secara materi.

Seperti yang dilakukan oleh Yusuf Bahtiar, yang mengubah sampah menjadi berguna sehingga mengurangi beban sampah di wilayahnya, yang berada di RW 20 kelurahan Karang Satria, kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi.

Berawal dari rasa prihatinnya tempat itu menjadi tempat pembuangan sampah liar. Lokasi yang persis berada di bantaran kali membuatnya khawatir karena volume sampah yang semakin bertambah.

“Makanya kita waktu itu bersama pengurus RW dan RT mencoba untuk mengelola sampah itu, supaya minimal kita bisa mengurangi,” ujar Yusuf kepada media pada Rabu (03/08/22).

Di wilayahnya, melihat hampir di setiap lahan tidak terpakai dipinggir jalan dijadikan tempat pembuangan sampah.

“Makanya kalau memang setiap RW atau setiap RT dapat mengelola sampahnya secara mandiri, itu akan tahu betapa beratnya untuk mengelola sampah itu, sehingga pasti sudah tau merasa berat makan tidak akan membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Proses pemilahan sampah.
Leave A Reply

Your email address will not be published.