Jurnalis Media Siber Miliki Peran Penting Menyaring Informasi

BOGOR, Harnasnews — Plt Bupati Bogor H. Iwan Setiawan mengatakan jurnalis media siber memiliki peran penting sebagai filter dan sebagai penyaring informasi yang beredar secara seksama (sebagai clearing house ) dengan menerapkan prinsip jurnalistik sebagaimana diamanatkan UU Pers. Melalui beragam produk jurnalis dan narasi akurat yang menerangkan dan mencerdaskan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Bogor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Dinas Kominfo Kabupaten Bogor, Iwan Setiwan ketika membuka Diklat Jurnalis Wartawan Media Siber di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Diera digital saat ini masyarakat dapat mengakses segala bentuk informasi atau berita dengan sangat mudah dari berbagai sumber. Penyebaran informasi menjadi tidak terbendung, kecepatan dan kemudahan akses informasi seringkali tidak diimbangi dengan kredibilitas dan keabsahan informasi yang beredar, sehingga media massa konvensional sebagaimana arus utama tentunya tetap dibutuhkan untuk melawan post truth dan hoax.

Untuk itu, kata Iwan Setiawan saya sangat mendukung terselenggaranya Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik Wartawan Media Siber ini. Semoga setelah mengikuti Pelatihan ini para Jurnalis semakin trampil, professional, dan terpercaya sebagai kekuatan yang mendorong transformasi menuju masyarakat yang maju.

Sementara itu, Kordinator PWI wilayah II Jawa Barat HRM Danang Donoroso, S.IP sangat memberikan apresiasi kepada Sekber Wartawan Media Online yang menyeleggarakan pendidikan dan latihan bagi para wartawan media siber.

HRM Danang Donoroso yang juga Dewan Penasehat SMSI Bogor Raya itu berharap para Wartawan Media Online untuk mengikuti diklat ini dengan sebaik baiknya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.