JAKARTA, Harnasnews – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan nilai Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah disalurkan kepada petani milenial yang menjadi binaan Kementerian Pertanian telah mencapai Rp6 triliun per Mei 2023

“Sekarang ini memfasilitasinya sudah cukup banyak, kurang lebih 100 ribu (petani milenial) yang sudah menggunakan KUR dan nilai KUR-nya Rp6 triliun,” kata Mentan SYL saat ditemui di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa.

Mentan menjelaskan bahwa petani milenial merupakan bagian dari program Badan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian yang diyakini dapat menyejahterakan kehidupan masyarakat khususnya di pedesaan yang berbasis sektor pertanian.

Kementan sengaja mempermudah akses pendanaan lewat KUR petani milenial sebagai salah satu upaya menumbuhkan semangat dan minat generasi milenial. Hingga kini, Kementan telah berhasil menciptakan 9,9 juta petani milenial melalui serangkaian pelatihan dan pemberdayaan.

Namun, tercatat sekitar 220 ribu petani muda yang konsisten menjalankan usahanya. Oleh karenanya, Kementan menggandeng KemenKopUKM untuk membentuk suatu model bisnis bagi petani termasuk peternak milienial yang diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman.