Kim Jong-un Pulang Setelah Gagal Bersepakat dengan Trump

HANOI, Harnasnews.com – Sambil tersenyum dan mengangkat kedua tangannya, pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un pulang menaiki kereta pribadi di perbatasan Vietnam-Cina yang akan menempuh perjalanan 60 jam lebih pada Sabtu (2/3) waktu setempat. Kepulangannya mengakhiri konferensi tingkat tinggi (KTT) di Hanoi yang gagal mencapai kesepakatan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Hari terakhir Kim di Hanoi ia habiskan dengan berkunjung ke makam pahlawan nasional Ho Chi-minh. Kim juga datang meletakkan karangan bunga besar berwarna merah dan kuning di situs peringatan perang. “Saya berduka cita para pahlawan dan martir patriotik,” ujarnya di Monumen untuk pahlawan dan martir perang.

Kim dikelilingi oleh tentara Vietnam dengan seragam putih bersih dan rombongannya sendiri dari pejabat tinggi Korut. Di perbatasan, ia keluar dari limusin lapis baja dan menggenggam tangannya, kemudian melambaikan tangan ke kerumunan orang yang bersorak-sorai akan kepergiannya.

Sebelumnya, Trump telah lebih dulu bertolak ke Washington. Pada Jumat, Kim menyempatkan diri bertemu dengan Presiden Vietnam dan ketua Partai Komunis, Nguyen Phu Trong.

Leave A Reply

Your email address will not be published.