Penyederhanaan Birokrasi Lembaga Ditarget Selesai Akhir Juni

JAKARTA, Harnasnews.com –  Pemerintah menargetkan penyederhanaan birokrasi instansi di tingkat pusat maupun tingkat daerah selesai pada 30 Juni 2021. Target ini mundur dari sebelumnya ditarget selesai 31 Desember 2020.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan mundurnya target penyederhanaan birokrasi lantaran adanya pandemi Covid-19.

“30 Juni target seluruh kementerian/lembaga dan daerah itu bisa juga selesai, proses memang terkendala karena pandemi Covid-19 dan Pilkada serentak, sehingga m tidak memungkinkan dipaksakan selesai pada 31 Desember 2020,” kata Tjahjo dalam Rapat Koordinasi Penyederhanaan Birokrasi dan Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2021 yang dikutip Jumat (5/3).

Dalam laporannya kepada Wapres, Tjahjo mengungkapkan proses penyederhanaan birokrasi di tingkat pemerintah pusat yakni kementerian dan lembaga saat ini mencapai 90 persen atau 39 ribu jabatan tingkat eselon III dan IV yg telah dipangkas.

Sementara 10 persen sisanya, kata Tjahjo, tinggal proses verifikasi untuk beberapa kelembagaan yang ada unsur TNI. “Sisa waktu ke depan untuk mencoba mensinkronkan bahwa tidak semua K/L maupun daerah itu menunya sama dalam konteks penyederhanaan birokrasi,” kata Tjahjo, dilansir dari republika.

Leave A Reply

Your email address will not be published.