Kepala Staf TNI AL Resmikan Stasiun Bantu Kapal Selam di Natuna

JAKARTA, Harnasnews.com – Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, meresmikan stasiun bantu (sionban) dan Mess Tjiptadi, di Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau, Senin.

Peletakan batu pertama pembangunan sionban kapal selam dan peresmian Mess Tjiptadi merupakan momentum bersejarah terutama untuk jajaran Komando Armada I TNI AL sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas selesainya pembangunan sarana dan prasarana pendukung sistem kesenjataan dan prajurit TNI AL.

“TNI AL tetap berkomitmen bahwa peningkatan sarana dan prasarana pendukung tugas operasi merupakan prioritas dalam menuju TNI AL yang profesional, mandiri dan tangguh,” kata Margono, saat penandatanganan prasasti pembangunan stasiun bantu kapal selam itu, di Natuna, Kepulauan Riau, Senin.

Perairan Natuna yang menjadi beranda terdepan perairan kedaulatan dan zone eksklusif ekonomi Indonesia menjadi kawasan paling menentukan bagi Indonesia pada saat Laut China Selatan menjadi semakin hangat karena perkembangan geopolitik dan geostrategi kawasan. Sudah menjadi kewajiban yang wajar untuk meningkatkan fasilitas pertahanan nasional di perairan itu.

Pembangunan sionban kapal selam ini akan dibangun di lahan seluas 1.050 meter persegi, dengan bangunan dua lantai seluas 1.008 meter persegi.

Sionban d Natuna akan menampung daya listrik dari PLN sebesar 555 KVA untuk aliran darat dukungan kapal selam. Sementara itu, Mess Tjiptadi Pangkalan TNI AL Ranai yang memiliki fasilitas 11 kamar dibangun di atas luas tanah 1.100 meter persegi dengan luas bangunan 585 meter persegi.

Dalam siaran persnya, Margono mengatakan, pembangunan sarana dan prasarana pendukung ini bukan tanpa perjuangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.