Sebanyak 5.833 Peserta Ikut UPA PERADI

JAKARTA, Harnasnews.com – Sebanyak 5.833 orang mengikuti ujian profesi advokat (UPA) yang digelar Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) yang dipimpin Otto Hasibuan.

“(UPA PERADI) secara serentak di 44 kota, mulai dari Lhokseumawe, Aceh, hingga Jayapura, Papua,” kata Hasibuan, di Jakarta, Sabtu.

Ssaat meninjau UPA di Balai Sidang Jakarta, dia kagum karena ribuan calon advokat mengikuti ujian untuk menjadi advokat di organisasi yang dia pimpin.

Ia juga bangga karena jumlah itu menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga yang dia pimpin pasalnya di luar sana banyak organisasi yang memberikan kemudahan atau jaminan lulus menjadi advokat.

Ia menyebutkan, tahapan yang dilewati para calon advokat itu untuk menjadi advokat di organisasinya dilaksanakan secara super ketat. “Meskipun dibuat sangat ketat, mereka tetap mengikuti pendidikan dan ujian yang kita buat ini,” kata dia.

Ia mengibaratkan hal itu dengan barang kalau memiliki kualitas bagus, maka akan selalu dicari orang. “Penjualannya pun dijajakan di mal-mal mewah dan tidak diobral. Tetap tingginya animo untuk menjadi advokat ini merupakan buah dari penerapan regulasi yang ketat dalam menyeleksi calon advokat demi menghasilkan pengacara andal, baik dari segi keilmuan dan etika profesi,” katanya.

Ia menceritakan pada awal UPA PERADI mereka sempat didemo karena dari ‎12.000 orang yang ikut ujian, hanya sekitar sembilan persen yang dinyatakan lulus.

Tetapi organisasi bergeming dan yakni tetap menerapkan standar kelulusan yang tinggi demi menjaga muruah profesi advokat dan melayani para pencari keadilan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.