Kapolri Ajak Ulama Jaga Keutuhan NKRI ,Dalam Rangka Safari Ramadhan Di Sidoarjo

Bumi Shalawat, Sidoarjo Harnasnews  – Perhelatan silaturahmi para Ulama dan Pengasuh Pondok Pesantren di se wilayah Jawa Timur, yang di gagas oleh Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian, mendapatkan apresiasi yang luar biasa dalan acara tersebut.

Turut  hadir para Ulama dan Kyai sepuh, seperti KH. Anwar Mansur dari Ponpes Lirboyo Kediri, KH. Zainudin Djazuli dari Ponpes Ploso Kediri, KH. Miftahul Achyar dari pengurus PBNU, dan Kanjeng Romo KH. Abdul Latif Madjid RA Pengasuh Ponpes Kedunglo Al-Munadhdhoroh yang juga sekaligus guru Mursyid thoreqoh Jamaah Shalawat Wahidiyah dari kediri, dan banyak lagi yang hadir pada acara silaturahmi tersebut.

Hadir juga para Walikota dan Bupati se Jawa Timur, nampak walikota Kediri, bupati Gresik, bupati Banyuwangi, walikota Mojokerto, bupati Jombang, bupati Lamongan, bupati bojonegoro, bupati Pasuruan, Walikota Tulungagung, dan kabupaten lainnya. Dari jajaran TNI AL turut hadir Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darmanto dan para staf di jajarannya, dan dari TNI AU.
Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam sambutannya  di Pesantren Progresif Bumi Shalawat di Desa Lebo Kecamatan Kota, Sidoarjo, Jawa Timur, mengaku adem mengikuti acara bertemakan “Penguatan Persatuan Bangsa Dalam Kebhinekaan dalam menjaga Keutuhan NKRI” Kapolri mengatakan, kedatangannya ke Ponpes Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo tak ada kaitannya dengan kasus hukum yang berlaku. Menurut Kapolri, silaturahmi bersama ulama dan santri agar sama-sama bisa menjaga kebhinekaan, dan Keutuhan NKRI,  “Ini kan momen Ramadan, bagi umat muslim wajib hukumnya menjalin silaturrahmi,” kata Kapolri. Kapolri menjelaskan, Kota Surabaya dan Jawa Timur, sejatinya memiliki sejarah yang besar dalam bangsa Indonesia. Peran serta Ulama dan masyarakat Jawa Timur menjadikan Indonesia hingga saat ini menjadi damai.
 “Mari kita perkuat persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI. Jangan sampai kita terpecah belah,” ucap Tito Karnavian.
Saat ramah tamah, Kanjeng Romo KH. Abdul Latif Madjid RA berbincang-bincang dengan Kapolri, dan pada kesempatan itu, beliau mengajak Kapolri mengamalkan Shalawat Wahidiyah dan sekaligus mengundang Kapolri untuk menghadiri Mujahadah Kubro di Ponpes Kedunglo Al-Munadhdhoroh, Kediri. “Ya insyaallah saya siap hadir yahi,” demikian kata Kapolri. (Alv)