Harian Nasional News Group

Mahasiswa UMSurabaya,Ciptakan Box Sterilisasi Uang Secara Otomatis Dengan Sinar Ultra Violet

Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya

SURABAYA,Harnasnews.com – Dengan bertambahnya kasus Covid 19 setiap harinya sangat mencemaskan bagi masyarakat,pasalnya dengan kondisi pandemik yang tidak menentu itu membuat masyarakat diharuskan berdiam diri dirumah.dan banyak pula yang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan mereka setiap hari.

Melihat kondisi ini mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya berinovasi dengan membuat box sterilisasi uang. Yaitu Iman Ramdhan dari jurusan S1 Teknik Elektro dan Putri Widia Ningrum dari jurusan Teknik Laboratorium Medik.

Sementara itu, Iman juga menjelaskan bahwa Box Covid 19 adalah alat buatan timnya ini dilengkapi 2 pintu serta sensor ultrasonik yang bisa membantu membuka pintu secara otomatis.Dan dibuat dengan memanfaatkan sinar UV sebagai media sterilisasi.

“Jadi untuk meminimalisir paparan bakteri, kami memakai sensor unltrasonik di kedua sisi box. Sensor ini mendeteksi gerakan tangan dan otomatis akan mengirimkan sinyal agar pintu box terbuka,”ujarnya.

Untuk membuka dan menutup pintu box, Iman memanfaatkan sensor servo sehingga tidak membutuhkan tombol tambahan.

“Saat uang masuk dan pintu menutup, secara otomatis sinar UV akan menyala selama 15 detik. Setelah 15 detik pintu juga akan keluar otomatis,”paparnya.

Terkait lamanya penyinaran sinar UV, Putri menjelaskan waktu tersebut menjadi waktu ideal hilangnya mikroorganisme atau bakteri dari permukaan uang.

“Uang yang kami sinari di lima detik,10 detik dan 15 detik kami uji dengan mengeceknya  melalui mikroskop. Dan di 15 detik semua bakteri dan mikroorganisme sudah hilang,”jelasnya.

Putri mengungkapkan dalam satu waktu pensterilan uang,maksimal bisa mensterilkan 10 lembar uang. Pasalnya jika terlalu banyak tumpukan uang dikhawatirkan tidak akan maksimal saat menghilangkan bakteri.

“Produk ini diharapkan bisa membantu masyarakat khususnya pedagang dan pemilik warung agar tetap melakukan transaksi tanpa harus tertular virus Corona”, pungkasnya.

Rektor UMSurabaya, Dr dr Sukadiono MM mendukung hadirnya alat inovasi yang dibuat oleh mahasiswanya. Di tengah kasus Covid-19 semakin tinggi dan skala penyebaran virus Corona semakin meluas, dia berharap alat ini menjadi salah satu solusi untuk menekan laju penyebaran virus di tengah masyarakat

“Produk Covid-19 ini merupakan wujud kontribusi UMSurabaya sebagai perguruan tinggi untuk memerangi virus Corona” ujar Suko, sapaan akrabnya.

Suko berharap, hadirnya Box Covid-19 ini berkontribusi dalam mengurangi kasus Covid-19, dan mencegah penyebaran virus di masyarakat.

Rencananya, pihak kampus akan memproduksi banyak box ini dan dibagikan kepada pemilik warung nasi dan toko klontong agar digunakan dalam transaksi.[PUL]

Leave A Reply

Your email address will not be published.