Anies: Jakarta Mulai Jauhi Kondisi Genting Tapi Tetap Patuhi Prokes

Ketika berkunjung ke RSUD Budhi Asih dan RSKD Duren Sawit, Senin pagi, Anies mencermati situasinya sudah jauh berbeda dibandingkan sebulan lalu di Duren Sawit.

“Saat itu, RS begitu penuh, bahkan selasar depan IGD pun dipenuhi oleh pasien yang antre masuk ke dalam IGD, kamar rawat inap dan ICU penuh. Sekarang ini selasar IGD sudah kosong, pasien sudah bisa langsung masuk IGD. Di dalam IGD hanya beberapa orang pasien,” katanya, dilansir dari antara.

Meski tekanan dan antrean di fasilitas kesehatan mulai terurai, dia menegaskan Jakarta masih belum aman dari pandemi COVID-19.

Indikatornya, kata dia, jumlah kasus aktif yang masih tergolong tinggi yakni masih ada 64 ribu kasus yang belum dinyatakan sembuh, dengan rata-rata kasus positif mencapai 25 persen atau masih jauh dari rekomendasi ideal Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencapai lima persen.

“Kita harus hati-hati memaknai ini (penurunan kasus COVID). Kasus aktif hari ini masih 64 ribu dan ini adalah dua kali lebih tinggi dibandingkan puncak gelombang pertama yang lalu,” kata Anies.

Untuk itu, ia meminta seluruh warga Jakarta agar tidak kendor dalam mematuhi protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas seperti anjuran di dalam peraturan PPKM Level 4.

Bahkan, Gubernur Anies juga meminta secara khusus kepada perusahaan agar tidak membuat risiko bagi para karyawannya dengan mengharuskan bekerja di kantor apabila pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dari rumah.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.