Awas, Pembelian Robot Upaya Bagi Kue APBD

Demokrat Desak BPK dan KPK Audit Pembelian Robot Damkar Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP)

“Pembelian robot damkar ini akan menciptakan penilaian di masyarakat, bahwa kepemimpinan Anis sangat boros dan senang menghamburkan uang rakyat. Apakah robot ini bisa berfungsi dengan optimal. Mengingat sparepart dan pabriknya tidak ada di Indonesia. Wajib hukumnya jika dilakukan audit oleh BPK,” ujarnya.

Selain persoalan sparepart, Amink yang juga menjabat Bendahara GP. Ansor DKI dan Alumni PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) mempertanyakan perangkat remot kontrol yang digunakan.”Apakah bisa bertahan lama. Kalau nanti rusak dimana bisa memperbaikinya. Belum lagi maintenence-nya. Apakah kalau ada kerusakan sparepart bisa diperbaiki. Yang terpenting lagi, Robot damkar ini menggunakan baterai yang hanya bertahan 10 jam,” katanya.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta telah membeli robotik untuk pemadam kebakaran Dok-ing MVF-U3 untuk evakuasi menjangkau area terowongan MRT dan LRT serta lokasi-lokasi yang berbahaya.

Dilihat dari akun Instagram Dinas PKP DKI Jakarta, @humasjakfire, robot tersebut berbentuk mobil berwarna merah. Robot tersebut memiliki alat penyemprot air untuk memadamkan api.

Robot tersebut dibeli dari Kroasia. Dilihat dari situs LPSE DKI Jakarta, harga robot tersebut Rp 37,4 miliar.(sof)

Leave A Reply

Your email address will not be published.