Cawagub Emi: Mengelola Rumah Tangga Identik dengan Mengelola Pemerintahan

Calon wakil gubernur NTT Emilia Julia Nomleni.

KUPANG,Harnasnews.Com – Calon wakil gubernur NTT Emilia Julia Nomleni mengatakan mengelola rumah tangga identik dengan mengelola pemerintahan. Untuk itu dirinya berjanji akan mentransfer pola tersebut ketika dipercaya rakyat.

Demikian dikatakan Emi dihadapan para pendukung fanatiknya pada sejumlah simpul pertemuan terbatas di zona Timor.

‘Saya Akan transfer tata kelola dalam rumah tangga yang dipandang sebangun dengan tata kelola pemerintahan ketika dipercaya rakyat NTT,” ujar Cawagub satu satunya dari kalangan perempuan ini.

Menurutnya, ibarat seorang ibu yang mengetahui betul jatuh bangun, baik buruk, benar salah, ada tidak dan semua yang berhubungan dengan keluarga sebagai pranata sosial yang paling kecil menjadi inspirasi dirinya memberi perhatian layanan yang berimbang kepada rakyat Nusa Tenggara Timur.

Lanjut Emi, mengurus rumah tangga ada begitu banyak kesulitan dan tantangan yang dihadapi. Terkadang bapak sang kepala rumah tangga tidak ambil pusing.

“Jika bapak bapak punya tamu, yang susah menyiapkan jamuan baik minum dan makan adalah mama mama. Kalau mama bergerak dibelakang sudah tentu anak anak juga ikut disibukkan. Kalau ada gula, kopi dan lain sebagainya ya semuanya pasti aman, tapi sebaliknya tidak ada, bapa bapa sonde mau tau na. Mama pasti usaha, anak anak pun terkena imbasnya. Tamu pulang baru bapa kena rofek,” ucap dia.

Bila kemudian ada kesulitan (berupa keluhan) anak anak yang datang dan berlaku emergen katanya maka yang merespon awal dan sigap sudah tentu para ibu rumah tangga.

“Jika ada keluhan dari anak anak soal urusan sekolah, urusan kesehatan, urusan jajan, urusan uang bemo dan lain sebagainya, ibu menjadi orang pertama tempat anak anak berkeluh kesah. Bapak sudah tentu tahu beres semua. Apalagi ada tamu, hmmm bapak hanya angkat alis mata sa sambil terus bercerita di langit, sementara dari balik kain pintu mama terus saja memberi tanda atau kode dengan petunjuk jari (tanda uang tidak ada). Sudah begitu lai Bapak tamba foe suruh mama beli rokok,” ulas Emilia. (Dance)

Leave A Reply

Your email address will not be published.