iklan iklan

Demokrat Sebut Ada Partai Ngotot Revisi UU Pemilu Demi Sistem Proporsional Tertutup

JAKARTA, Harnasnews.com – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Renanda Bachtar mengatakan, ada partai yang memperjuangkan merevisi UU Pemilu untuk mengubah sistem Pemilu. Dari yang digunakan saat ini yaitu sistem proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup.

“Saya tahu ada partai yang sangat keras memperjuangkan revisi UU Pemilu oke, tetapi sebenarnya yang diperjuangkan terutama adalah masalah sistemnya ini berubah lagi menjadi proporsional tertutup,” katanya dalam diskusi daring, Rabu (24/2).

Menurutnya, sistem proporsional tertutup merupakan sebuah kemunduran. Sistem proporsional tertutup membuat pemilih hanya disediakan pilihan partai politik saja.

“Ingat bahwa masyarakat sekarang ini memilih partai dan memilih juga figurnya untuk DPRD kota maupun nasional,” jelasnya.

Dia menilai, rakyat lebih menginginkan sistem proporsional terbuka seperti yang saat ini diterapkan. Rakyat menolak kembali sistem tertutup.

“Tentu ini mundur lagi. Dan kalau kita lihat lagi hasil survei, tentu rakyat menolak ini. Karena mereka mayoritas menginginkan sistem proporsional terbuka seperti ini di mana mereka bisa memilih figur-figur yang mereka tahu, mereka kenal itu bisa lebih mewakili kepentingan mereka,” tegas Renanda, dikutip dari merdeka.

Sebelumnya, salah satu partai yang menginginkan sistem pemilu dievaluasi kembali adalah PDI Perjuangan. Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pihaknya terbuka untuk revisi UU Pemilu saja tanpa mengubah jadwal Pilkada. Salah satu yang perlu dievaluasi dalam UU Pemilu adalah penggunaan sistem proporsional terbuka yang memunculkan praktik politik uang dan biaya politik yang mahal. (qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.