Dirbinmas Polda Jatim Pimpin Penutupan Lomba Drum Band  Serta Menyerahkan Piala Kapolda 

Surabaya, Harnasnews.com – Penutupan kejuaraan Drum Band Kapolda Cup 2019, yang digelar selama dua hari dari hari Jum’at (26/7/2019) sampai hari Sabtu (27/7/2019) di GOR Giriloka Veteran UPN Jln Rungkut Madya Surabaya, yang resmi ditutup oleh Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Iwan Setiawan sekaligus menyerahkan Piala serta alat musik.

Dari data yang diterima, ada 84 juara yang diperebutkan. Baik juara satu, dua, tiga, maupun juara harapan. Terbagi menjadi tiga divisi, meliputi Divisi Junior, Divisi DC – MB dan Divisi Senior.

Dirbinmas Polda Jatim, Kombes Pol Iwan Setiawan, mengatakan, tujuan dari diselenggarakannya  lomba Drum Band tak lain untuk mewujudkan kebersamaan kekompakan keserasian dan keindahan serta keterampilan sehingga muncul sebuah nilai seni.
“Sekaligus memasyarakatkan Seni Drum Band dan Marching Band ditingkat regional maupun Internasional,” ujar Iwan Setiawan.

Selain itu Dirbinmas Polda Jatim menghimbau kepada seluruh peserta dari masing masing Polres untuk mempersiapkan perwakilanya, karena sebentar lagi akan digelar ajang bergengsi tingkat Nasional di Bengkulu.

“Pemerintah juga ajang bergengsi Drama Band ini akan dijadikan program sekolah Berprestasi agar siswa lebih mudah untuk masuk sekolah kejenjang berikutnya,” tandasnya.

Untuk pemenang lomba ini mereka merupakan hasil penilaian 11 juri. Dengan tahap penilaian mulai dari masing-masing juri, kemudian direkapitulasi bersama seluruh juri yang diketahui oleh Ketua Dewan Juri serta pengolah data.

“Dan ini tidak bisa diganggu gugat,” pungkas Iwan.

Dari tiga divisi, pihak juri selanjutnya menilai berdasar kategori yang dilombakan. Antara lain, dari segi visual, musik, general effect, drum major, field commander dan unjuk gelar masing-masing divisi.
Kejuaraan Drum Band memperebutkan piala Kapolda Jatim merupakan acara rutin digelar yang setiap tahunnya digelar. Untuk tahun ini, ada sekitar 37 regu Drum Band yang berkompetisi, dengan jumlah total 1.899 peserta.

Para peserta berasal dari jenjang sekolah TK, SD, SMP hingga SMA sederajat. Serta beberapa Korps Drum Band Se-Jawa Timur yang mewakili Polres masing masing

Adapun juara divisi dari perlombakan Drum Band dan Marching Band ini juara pertama diraih oleh SG Drum Band dari Polres Gresik, sedang dari divisi senior umum satu diraih oleh Drum Band Alfa Gita Buana Polres Pacitan.

Untuk diketahui para pemenang dalam lomba ini selain mendapatkan piala dan uang pembinaan panitia juga memberikan perawatan alat musik. (Pril/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.