Diterjang Rob, Disertai Angin Kencang Rumah Dan Kapal Nelayan Di Pesisir Perairan Kenjeran Rusak

Nasional

SURABAYA,Harnasnews.com – Telah terjadi air pasang disertai angin kencang di wilayah pesisir  perairan Surabaya Timur di kampung Nelayan Nambangan Kenjeran Surabaya  Rabu malam (11/11/2020) sekitar pukul 21.00 WIB.

Akibat dari peristiwa tersebut air laut masuk ke rumah warga ,sejumlah perahu nelayan dan pemukiman warga yang berdekatan dengan laut terhempas angin dan ombak yang cukup besar.

Sehingga sejumlah kelompok nelayan yang perahu mereka mengalami kerusakan antara lain, kelompok nelayan udang di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, ada 10 buah  perahu rusak parah dan 13 rusak ringan.

Nama kelompok Nelayan tersebut diantaranya Samudra Jaya Nambangan Perak Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak Kota Surabaya. 3 buah perahu  yang mengalami rusak parah dan 7 rusak ringan.

Kemudian kelompok Nelayan Ikan Asap, Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, ada 7 buah perahu rusak parah dan 1 rusak ringan.

Sedangkan kelompok Nelayan Kepiting di Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, 2 perahu mengalami rusak parah, Sedangkan kelompok Nelayan Udang Rebon, Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, ada 4 buah perahu juga mengalami kerusakan.

Sementara itu kelompok Nelayan Ikan Sembilang di Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, 1 perahu mengalami rusak ringan.

Kelompok Nelayan Cumi-cumi, Kelurahan Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, ada 7 perahu mengalami kerusakan parah dan 1 perahu rusak ringan.

Terakhir kelompok Nelayan Udang Putih, Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, 2 perahu rusak parah dan 1 perahu alami rusak ringan. Dari kejadian tersebut, jumlah perahu secara keseluruhan yang mengalami kerusakan sebanyak 23 rusak parah dan 36 rusak ringan. Sementara itu untuk korban jiwa dari peristiwa tersebut nihil.

Selain itu, juga menyiapkan anggota untuk kerja sosial guna membantu masyarakat,Seperti halnya kejadian di wilayah Kenjeran, Surabaya.

Dengan adanya peristiwa tersebut,Ditpolair Polda Jatim Kombes Pol Arnapi turun langsung  bersama dengan 30 personel untuk membantu masyarakat  Kenjeran membersihkan puing puing perahu yang rusak.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu andiko menyatakan, bahwa Polda Jawa Timur sudah menyiapkan seluruh anggota jajaran kepolisian Polda Jatim, terkait dengan digelarnya Pilkada Serentak tahun 2020.

Selain itu, juga menyiapkan anggota untuk kerja sosial guna membantu masyarakat. Seperti halnya kejadian di wilayah Kenjeran, Surabaya, tadi malam.

Adanya peristiwa angin kencang dan rob dari pantai pesisir timur, anggota Dipolair Polda Jatim, telah mengerahkan anggota untuk membantu mengevakuasi perahu-perahu nelayan yang diterjang rob. Dan kita begitu cepat respon untuk memberi bantuan kepada masyarakat.

“Polda Jawa Timur sendiri sudah menyiagakan anggota untuk kesiapan Pilkada Serentak di Jatim, selain itu juga telah menyiapkan anggota, untuk mengantisipasi bencana alam yang terjadi di jatim. Sehingga, anggota kepolisian dari polda jatim, selalu siap siaga mengantisipasi peristiwa-peristiwa alam yang terjadi,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko

Dengan kejadian ini, masyarakat jawa timur dihimbau untuk selalu waspada akan adanya bencana alam yang terjadi di jatim. Pasalnya, dari BMKG sendiri juga sudah menghimbau agar waspada dengan cuaca ekstrim yang terjadi di jatim.(Pril/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.