Diusianya ke-64 Tahun Kabupaten Sumbawa, Ini Capaian Sumbawa Gemilang dan Berkeadaban

SUMBAWA,Harnasnews – Bupati, H Mahmud Abdullah, memaparkan sejumlah capaian di usia ke-64 Tahun Kabupaten Sumbawa.

Bertindak sebagai inspektur upacara HUT ke-64, di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Ahad 22 Januari 2023, Bupati Haji Mo memaparkan keberhasilan dalam hal manajemen ASN, dimana Sumbawa meraih Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan kategori baik.

Selanjutnya dalam ikhtiar membangun ekosistem industri halal, saat ini Pemerintah Kabupaten Sumbawa sedang melakukan terobosan yang sistemik melalui pembentukan Halal Center Kabupaten Sumbawa yang sebelumnya telah berhasil meraih sederet prestasi antara lain :

Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2022;

Best Halal Program Support pada Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022;

Best Halal Innovation pada Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022.

Berdasarkan hasil verifikasi Tim Provinsi NTB, pada tahun 2022 Kabupaten Sumbawa telah dinyatakan tuntas pilar 2,3,4, dan 5 STBM dengan predikat baik.

Pencapaian ini berhasil mengantarkan Kabupaten Sumbawa menerima STBM Award dari Menteri Kesehatan.

Dalam upaya percepatan penurunan stunting, lanjut Bupati, pada tahun 2022, Kabupaten Sumbawa berhasil meraih penghargaan terbaik 1 tingkat Provinsi NTB.

Kabupaten Sumbawa juga berhasil mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama tahun 2022.

Demikian pula dalam hal keterbukaan informasi publik, pada tahun 2022, Kabupaten Sumbawa berhasil meraih predikat sebagai badan publik informatif berdasarkan hasil evaluasi Komisi Informasi Provinsi NTB.

“Pada awal tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sumbawa juga telah menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Kesehatan RI.

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan untuk memastikan setiap warga memiliki akses kesehatan yang adil dan bermutu, serta perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan, dengan hanya membawa KTP atau Kartu Keluarga,” urai Bupati.

Disebutkan Bupati, berbagai program strategis lainnya juga bergerak simultan sesuai Visi-Misi “Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban”.

10 Program Unggulan Daerah juga sudah mulai terealisasi sejak tahun 2021 dan terus berproses hingga saat ini.

Selain memacu program unggulan di berbagai sektor, di tahun 2023 ini, lanjut Bupati, agenda-agenda pembangunan dan investasi berskala besar juga tengah diikhtiarkan.

Groundbreaking pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong telah dilaksanakan.

Begitu juga mimpi untuk menghadirkan pusat pertumbuhan baru di kawasan Samota terus diupayakan dengan menghadirkan event internasional MXGP Samota 2022 dan MXGP Samota 2023.

Upacara HUT ke-64 Kab. Sumbawa dikemas apik dan berlangsung sukses dengan keterlibatan berbagai pihak yang bertugas pada Upacara tersebut.

Adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara, AKP. Sumardi, Kasi Humas Polres Sumbawa; bertindak sebagai Komandan Upacara, Awaluddin, Kapolsek Lape.

Upacara HUT ke-64 Sumbawa juga dimeriahkan dengan penampilan Korsik Drumband Simphony Sabalong Samalewa Persatuan Drum Band Indonesia Kab. Sumbawa;

Orkestra Kolaborasi Paduan Suara PGRI, Paduan Suara Gita Kencana, dan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPRI) Kab. Sumbawa; dan Parade Semapur persembahan siswa-siswi SDN 2 Juru Mapin Kecamatan Buer. (HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.