DPR Dorong Pemerintah Percepat Digitalisasi Nasional

“Kami berharap hingga akhir tahun 2024 setidaknya ada 30 juta UMKM Indonesia yang akan onboarding secara digital. Oleh karenanya, Kemkominfo memastikan keandalan infrastruktur TIK agar semua orang dapat terhubung secara digital,” jelasnya.

Namun Nyoman menyatakan pihaknya tidak akan berhenti sampai di situ. Setelah percepatan infrastruktur sebagai fondasi utama akselerasi transformasi digital, Kemkominfo juga tengah menyiapkan terbentuknya masyarakat digital. Diantaranya pemerintahan digital, ekonomi digital, hingga peningkatan SDM digital.

Sementara itu, Founder Jagoan Indonesia, Dias Satria dalam paparannya mengatakan hal utama yang harus dilakukan ketika ingin melakukan branding adalah memahami keunikan produk yang dijual sekaligus menentukan target pasar.

Dias mengungkapkan pertumbuhan UMKM di Indonesia berkembang semakin pesat, bahkan terbilang menjadi penyokong utama kekuatan ekonomi Indonesia. Meski begitu, untuk mampu berkontribusi secara optimal, ekosistem usaha lokal memerlukan dukungan teknologi dan jaringan yang luas agar bisa menyatukan seluruh UMKM.

Leave A Reply

Your email address will not be published.