INDEF Sebut Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen Target Mahfud Md Cukup Berat

JAKARTA, Harnasnews – Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen yang ditargetkan pasangan Ganjar-Mahfud akan berat dicapai.

“Jadi, kalau target pertumbuhan ekonomi 7 persen dalam 5 tahun atau rata-rata 7 persen per tahun, memang tidak ada yang tidak mungkin, tetapi sepertinya berat untuk dicapai ya,” kata Eko saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Hal itu disampaikan Eko untuk menyikapi pernyataan Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. dalam debat Pilpres 2024 pada hari Jumat (22/12), yang menjanjikan pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen apabila dirinya dan Ganjar Pranowo dipercaya untuk memimpin Indonesia.

Menurut Eko, berdasarkan rekam jejak selama era reformasi, pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak pernah menyentuh angka 7 persen.

“Ini pandangan realistis, ya, bukan pesimis. Bukan optimistis berlebihan, ya, karena pasang angka di dalam visi dan misi gampang, merealisasikannya susah,” kata dia.

Ia memandang bahwa angka yang paling realistis untuk dijadikan target pertumbuhan ekonomi adalah 6 persen atau lebih tinggi dari capaian pemerintahan Presiden RI Joko Widodo saat ini, berkisar di angka 5 persen.

Meski demikian, kata dia, untuk menyentuh target 6 persen dibutuhkan kerja keras serta harus memiliki sektor-sektor ekonomi dengan daya ungkit yang tinggi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.